Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Kepala BPMP Bengkulu Apresiasi Diknas atas Implementasi Merdeka Belajar

BENGKULU – Kepala BPMP Provinsi Bengkulu, Widyati Rosita memberikan apresiasi terhadap satuan Dinas Pendidikan di seluruh Provinsi Bengkulu atas capaian yang sudah dilakukan dalam mendorong kebijakan merdeka belajar.

“Jadi tujuan ini kita ingin memaparkan capaian yang sudah dicapai teman-teman di satuan pendidikan. Kemudian memberikan apresiasi atas kerja keras mendorong satuan pendidikan dan pendidiknya untuk melakukan kebijakan merdeka belajar,” kata Widyati saar diwawancarai Bengkulunews.co.id Jumat (22/12/23) siang.

Apresiasi tersebut diberikan berdasarkan data dasbord khusus masing-masing bagian yang dimiliki Kemendikbud. Selain itu pemberian apresiasi tersebut juga sebagai bentuk untuk mendorong satuan instansi yang belum mendapatkan penghargaan dapat lebih semangat dan mengevaluasi dalam upaya mengimplementasikan merdeka belajar.

Penerima apresiasi di Provinsi Bengkulu 2023, sebagai berikut :

Partisipasi Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar dan Pelaporan Dana BOSP Tepat Waktu :

  1. Partisipasi Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar Tertinggi untuk Jenjang PAUD  Tahun 2023 : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang.
  2. Partisipasi Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar Tertinggi untuk Jenjang SD Tahun 2023 : Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara.
  3. Partisipasi Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar Tertinggi untuk Jenjang SMP Tahun 2023 : Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara.
  4. Partisipasi Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar Tertinggi untuk Jenjang PKBM Tahun 2023 : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang.
  5. Partisipasi Asesmen Nasional  dan Survei Lingkungan Belajar Tertinggi untuk Jenjang SMA Tahun 2023 : Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Wilayah III Manna.
  6. Persentase Satuan Pendidikan dalam pelaporan Penggunaan Dana BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan) Reguler Tahap 1 Tepat Waktu  untuk Jenjang PAUD, SD, DAN SMP Tahun 2023 : Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kaur.
  7. Persentase Satuan Pendidikan dalam pelaporan Penggunaan Dana BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan) Reguler Tahap 1 Tepat Waktu   untuk Jenjang SMA dan SMK Tahun 2023 : Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Wilayah IV Mukomuko, Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Wilayah VII Kepahiang, Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Wilayah IX Bintuhan.

Serta masih ada lagi kategori Sekolah, Penggerak Program Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, Kampanye Sekolah Sehat, dan Eksplorasi Rapor Pendidikan. Kategori Pemenuhan dan Penganggaran Indikator Prooritas SPM Pendidikan tahun 2024 oleh BAPPEDA, pemenuhan dan penganggaran indikator prioritas SPM Pendidikan tahun 2024 oleh BPKAD, pemenuhan indikator peioritas SPM pendidikan dalam tahun 2024 oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Kategori Penggunaan Aplikasi ARKAS versi empat dan SIPLAH. Kategori Sekolah Penggerak, Pemanfaatan PMM, dan aktivasi akun belajar.id. Kategori penerbitan satgas PPK dan TPPK satuan pendidikan.

“Jadi mohon izin yang dapat dua mungkin, kurang mendorong, kurang di manajement atau kurang semangat dalam upaya mencapai kebijakan merdeka belajar. Jadi yang kami harapkan mereka secara tidak langsung berlomba lomba dan semua jadi lebih bagus,” demikian Widyati.

Baca Juga
Tinggalkan komen