Bengkulu #KitoNian

Kenaikan Isa Almasih dan Makna Perjamuan Kudus Bagi Umat Kristiani

Penulis : Cindy

Ilustrasi anggur dan roti. Foto, Cindy/BN

Hari ini umat kristiani menjalankan ibadah dalam memperingati naiknya Yesus kristus atau isa al-masih ke surga. Dalam ibadah para jemaat akan melakukan sakramen perjamuan kudus, perjamuan kudus merupakan perjamuan yang dilakukan oleh jemaat dengan memakan roti dan meminum anggur.

Hal ini dilakukan sesuai dengan cerita di alkitab, pada saat malam sebelum Yesus disalib Ia membagi-bagikan roti dan anggur kepada murid-muridnya. Ini menjadi bentuk peringatan akan kematian Yesus Kristus di kayu salib dan kebangkitan-Nya.

Rori yang dilambangkan sebagai tubuh Kristus dan Anggur yang dilambangkan sebagai Darah Kristus yang tercurah untuk menebus dosa umatnya.

Gembala Jemaat disalah satu gereja di Bengkulu, pdt. Irvan Yonathan mengatakan adapun syarat bagi jemaat yang boleh melakukan sakramen tersebut haruslah jemaat yang sudah berusia 12 tahun keatas, serta sudah dibaptis air dan baptis Roh.

Hal tersebut berlaku bagi jemaat yang lahir baru atau baru menerima Yesus Kristus, juga bisa melakukan sakramen ini dengan syarat yang sama yaitu harus sudah dibaptis air dan Roh.

Perjamuan Kudus biasa dipimpin oleh Pendeta, setiap jemaat akan mendapatkan satu roti tidak beragih dan satu cawan kecil anggur. Pada saat Pendeta memimpin maka jemaat akan mengangkat roti lalu memecahkannya dan memakannya demikian juga mengangkat anggur dan meminumnya.

Roti dan anggur yang belum diberkati tidak bisa dianggap sebagai Perjamuan Kudus, karena sesuai dengan tata cara di alkitab, Tuhan memberkati roti dan anggur sebelum dibagikan.

Roti dan Anggur juga dapat diganti asal sudah diberkati, Perjamuan Kudus biasa dilakukan setiap sebulan sekali biasanya pada minggu ke kedua tergantung gereja masing-masing. Perjamuan juga biasa dilakukan pada hari Kelahiran, Kematian, Kebangkitan dan Kenaikan Yesus Kristus.

Umat Kristen percaya bahwa perjamuan kudus juga dapat menyembuhkan mereka yang sakit, yang berbeban berat dan yang lemah hatinya. Hal ini menjadi harapan dan membangun kekuatan umat Kristen dalam menjalani kehidupan. Nah itu dia makna dari Perjamuan Kudus bagi umat Kristen, selamat memperingati hari kenaikan Yesus Kristus.

Baca Juga
Tinggalkan komen