Makna Malam Natal Bagi Umat Kristiani

Makna Malam Natal Bagi Umat Kristiani

BENGKULU – Malam natal merupakan malam sebelum Yesus Kristus yang merupakan juru selamat umat kristiani lahir.

Pada malam itu seluruh umat mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan sang mesias.

Frater Gereja Katolik St. Yohanes Bengkulu, Fr. Dean menuturkan bahwa malam natal memiliki makna yang cukup dalam mengenai kelahiran Yesus bagi umat manusia dan wajib dirayakan seluruh umat kristiani.

Ia menjelaskan juga bahwa pada tanggal 24 desember, merupakan penanggalan liturgi gereja. Ketika sore menjelang maka sudah masuk pasa tanggal 25 Desember.

Malam natal sendiri merupakan momen spiritual bagi setiap umat Kristiani untuk merenungkan kelahiran Tuhan sebagai bukti kasih untuk dunia.

Pada saat itu umat diingatkan tentang kebaikan Tuhan sepanjang tahun ini, serta menyadarkan umat mengenai pelanggaran apa yang telah dilakukan.

Pada malam natal juga seluruh umat harus mempersiapkan diri, agar hati kembali bersih.
Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengakui dosa, berpuasa dan mau hidup menurut perintahNya.

“Untuk persiapan lain di gereja, dalam menyambut malam natal biasanya ada latihan koor dan persiapan membuat gua natal,” kata Ft. Dean pada Bengkulunews.co.id Sabtu (17/12/2022) siang.

Selain itu malam natal merupakan waktu yang tepat, untuk memperbaiki komunikasi dengan Tuhan.

Ft. Dean berharap kepada umat kristiani, dengan adanya malam natal ini dapat dimanfaatkan untuk kita saling mengampuni satu sama lain seperti Tuhan juga mengasihi umatnya.

“Karena dengan saling mengerti dan memaafkan, kita belajar memahami sesama dan belajar menjadikan diri agar layak untuk menyambutNya,” demikian Ft. Dean.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen