Google Rayakan Ultah Donal Pandiangan ‘Robin Hood’ Indonesia, Siapa Dia?

Tangkapan Layar Google Doodle

Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-77 Donald Pandiangan, seorang pemanah Indonesia yang melatih tim panahan yang memenangkan medali Olimpiade pertamanya pada tahun 1988.

Dia memenangkan lebih dari 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panahnya di Pesta Olahraga Asia Tenggara ( SEA Games), memberinya julukan Robin Hood of Indonesia.

Pandiangan lahir pada hari ini di Sidikalang, Sumatera Utara pada tahun 1945. Ia bercita-cita menjadi seorang insinyur, tetapi kendala keuangan menghalanginya untuk menyelesaikan kuliah.

Pandiangan akhirnya bekerja di sebuah perusahaan transportasi, di mana dia menerima hadiah yang akan mengubah jalan hidupnya—satu set panahan.

Meski memulainya di usia akhir 25 tahun, Pandiangan jatuh cinta dengan olahraga tersebut dan berlatih tanpa lelah. Tiga tahun kemudian, ia memenangkan medali emas pertamanya di Pekan Olahraga Nasional VIII (Pekan Olahraga Nasional Indonesia) 1973 di Surabaya. Empat tahun kemudian, ia memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70m pada PON IX 1977 di Jakarta.

Pandiangan meraih emas berkali-kali antara tahun 1977 dan 1987 di SEA Games. Pada tahun 1980, Pandiangan berada di puncak karirnya dan hampir berkompetisi di Olimpiade Musim Panas di Moskow, tetapi tidak dapat hadir karena Indonesia memboikot acara tersebut.

Beberapa tahun kemudian, dia mulai melatih tim panahan wanita untuk Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul. Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani meraih medali perak—untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia.

Sumber : Google Doodle

Baca Juga
Tinggalkan komen