Bengkulu #KitoNian

Banyak Game Jadul di Google Doodle Hari Ini, Kenapa Ya?

Tangkapan Layar Google Doodle, Kamis (01/12/2022).

Google doodle menampilkan sebuah gambar pria yang sedang memegang konsole game pada Kamis (1/12/2022). Saat diklik gambar itu menampilkan permainan yang bisa dipilih dan dimainkan langsung.

Pria yang ada di gambar itu ialah Gerald “Jerry” Lawson’s. Salah satu dari pelopor game modern dan sistem permainan yang bisa dimainkan di rumah. Google sengaja menampilkan Lawson untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke 82.

Lawson lahir di Brooklyn, New York tepat pada hari ini tahun 1940. Dia telah mempelajari elektronik sejak usia dini, memperbaiki televisi di sekitar lingkungannya dan membuat stasiun radionya sendiri menggunakan komponen daur ulang.

Pria itu kuliah di Queens College dan City College of New York sebelum memulai karirnya di Palo Alto, California. Pada saat itu, kota dan wilayah sekitarnya dikenal sebagai “Lembah Silikon” karena ledakan perusahaan teknologi yang inovatif.

Setibanya di California, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild di mana dia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F yang berarti fun.

Ini adalah konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda. Channel F membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild untuk memulai perusahaannya sendiri, VideoSoft—salah satu perusahaan pengembangan video game paling awal milik Black.

Perusahaan menciptakan perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid yang dikembangkan Lawson dan timnya. Meskipun mereka tutup lima tahun kemudian, Lawson telah memantapkan dirinya sebagai pelopor dalam industri ini dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video game sepanjang sisa kariernya.

Pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya dalam dunia game.

University of Southern California juga menciptakan Gerald A. Lawson Fund untuk mendukung mahasiswa yang ingin mengejar gelar sarjana atau pascasarjana dalam desain game atau ilmu komputer. Pencapaian Lawson diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Baca Juga
Tinggalkan komen