Logo

Gempa Guncang Bengkulu, Kepahiang dan Rejang Lebong Bergoyang

REJANG LEBONG – Gempa tektonik berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) mengguncang provinsi Bengkulu, Senin (23/7/2018) sekira pukul 14.20 WIB. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman mengatakan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat gempa bumi dirasakan di Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebong, II SIG-BMKG (III MMI).

Gempa tersebut berada di koordinat episenter 3,57 Lintang Selatan (LS) dan 102,44 Bujur Timur (BT) atau berlokasi di darat pada jarak 14 Km Timur Laut Bengkulu Tengah, dengan kedalaman 4 Km. Litman menambahkan bahwa gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera.

Tepatnya, pada Segmen Musi di sekitar Kepahiang. Selain itu, dari hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum adanya gempa susulan. Meskipun demikian, pihaknya meminta masyarakat di daerah Kepahiang dan Rejang Lebong tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

‘Kami minta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik,” ujar Litman.

Kadis BPBD Rejang Lebong, Basuki menjelaskan bahwa belum ada laporan yang masuk terkait ada kerusakan yang terjadi pasca gempa bumi tersebut. Ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik jika terjadi bencana alam.

“Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari masyarakat akibat gempa bumi tersebut,” pungkasnya.