Logo

Empat Tradisi Keren yang Dilakukan saat Isra Mi’raj

Hallo Viewers hari ini kita memperingati hari Isra Miraj nabi Muhammad saw yang ke 1443h 2022m,, tentunya hal ini mengingatkan kita tetang perjalanan Nabi Muhammad SAW ketika mendapatkan perintah salat dari Allah SWT.

Peristiwa ini terjadi hanya dalam satu malam saja.
nah biasanya ada beberapa kebiasaan yang dilakukan saat memperingati Isra Miraj, tradisi ini berbeda-beda loh disetiap tempat Viewers apa aja si?

1. Tradisi Rejeban Peksi Buraq, Yogyakarta

Di Yogya pada hari memperingati Isra Miraj para masyarakat mengadakan tradisi Rejeban Peksi Buraq yaitu dimana dua Burung Buraq sebagai simbol kendaraan Nabi Muhammad yang terbuat dari kulit jeruk bali dibawa oleh abdi dalem Kaji Selusin dari Bangsal Kencana Kraton Yogyakarta menuju Serambi Masjid Gede Kauman.

Burung Buraq itu bertengger di atas susunan gunungan buah yang terdiri dari beberapa macam buah seperti manggis, rambutan dan juga tebu. Nantinya, gunungan buah itu akan dibagikan kepada jamaah masjid usai pengajian Viewers.

2. Tradisi Khatam Kitab Arjo, Temanggung (Jawa Tengah)

Tradisi ini diawali dengan Tahlil singkat lalu dilanjutkan membaca kitab Arja, pembacaan ini biasa dilakukan setelah salat isya. Kitab Arja sendiri berisi tentang perjalanan Nabi Muhammad hingga terjadinya Isra Miraj yang ditulis dalam bahasa Jawa Karangan KH Ahmad Rifai Al-Jawi.

3. Tradisi Nyadran Desa, Siwarak Semarang

Dalam tradisi Nyadaran diadakan kirab budaya seperti mengarak replika hewan badak Siwarak, gunungan berisi buah dan sayuran dari hasil bumi pertanian penduduk, alat musik lesung, permainan tradisional thek thek dan pawai drumband serta kelompok tani.

Setelah kirab, peserta menampilkan keterampilan seperti pencak silat dan tarian di tengah lingkaran. Kemudian peserta membawakan cerita awal mula daerah itu diberinama kampung Siwarak.

4. Tradisi Rajaban, Cirebon

Tradisi Rajaban juga biasa digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan biasanya menggelar pengajian untuk umum dan melakukan tradisi membagikan nasi bogana kepada warga keraton, kaum masjid, abdi dalem dan masyarakat Magersari.

Nah itu dia Viewers beberapa Tradisi yang dilakukan masyarakat Inonesia saat memperingati hari Isra Miraj, masih banyak lagi tradisi yang ada diIndonesia ya Viewers tentunya hari ini dapat diperingati untuk kita mengingat perjalanan Nabi Muhammad SAW ya Viewers.