Logo

Cerita Remaja Islam Jamik, Puluhan Tahun Memeriahkan Malam Takbiran

BENGKULU – Umat Islam sedunia telah melaksanakan ibadah puasa dan hari kemenangan yang ditunggu telah tiba.

Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 H yang jatuh pada tanggal 10 April 2024, di Kota Bengkulu sendiri dimeriahi dengan berbagai aktivitas, salah satunya menabuh dol oleh Remaja Islam Jamik (ISJA).

Alat musik tradisional Bengkulu itu menjadi instrumen penting menyambut hari kemenangan Idul Fitri di Kota Bengkulu. Malam takbiran dengan menabuh dol ini telah dilaksanakan puluhan tahun lamanya.

“Kami pemuda atau remaja Islam Jamik ini selalu menggelar acara untuk menyambut lebaran, terhitung sudah 28 tahun kami laksanakan,” ungkap Ketua Isja Joy, pada bengkulunews.co.id, Selasa, (09/04/2024)

Diketahui, pelaksanaan menabuh dol ini dilakukan di simpang 4 masjid Jamik kota Bengkulu.

Selanjutnya, Joy menerangkan menyambut lebaran Idul Fitri dengan menabuh dol sudah menjadi budaya tersendiri bagi masyarakat Bengkulu khususnya remaja yang ada di daerah Tengah Padang Kota Bengkulu.

Malam takbiran ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat yang melintas, salah satunya Melco (20), ia mengatakan selalu menyempatkan diri untuk melihat malam takbiran di simpang Jamik, itu karena suasana lebaran sangat ia rasakan.

“Suasana lebarannya terasa kalo ada malam takbiran diiringi dengan musik dol,” terangnya