Logo

Becosplay, Komunitas Pencinta Budaya Jepang di Bengkulu

BENGKULU – Di Indonesia bayak kita temui penggemar budaya Jepang salah satunya di Bengkulu. Mereka menyebut komunitasnya dengan Becosplay.

Wahyu (23) salah satu Cosplayer, Bengkulu Cosplay (Becosplay) mengatakan, Becosplay sudah ada sejak tahun 2013. Dikatakan, Cosplay adalah singkatan dari Costum Play atau bermain dengan kostum yang mana Cosplay berasal dari budaya Negri Sakura Jepang.

“Kita mengunakan berbagai dari budaya mereka, macam-macam, animasi, dan kartun-kartunan,” ucapnya

Sebelumnya, wahyu mengatakan belum ada wadah bagi pencinta anime. Sehingga di tahun 2013 pihanya membentuk Becosplay untuk tempatnya anak-anak pencinta anime berkumpul dan mengekspresikan dirinya.

“Mereka ini menyukai berbagai macam animasi dan juga pengen seandainya berkostum menirukan karakter yang diinginkan, sepertihal waktu kecil berebutan ingin menjadi ini dan itu akhirnya kita buatlah  sebuah komunitas,” terang Wahyu

Ia mengaku, di Indonesia tepatnya tiap daerah sudah ada komunitasnya masing-masing. Tambahnya untuk anggota Becosplay dari tahun 2013 berjumlah 1000 lebih anggota.

Selanjutnya ia menungkapkan, Becosplay memiliki berbagai kegiatan rutin tiap bulan, seperti Coswalk Competition, Communuty Gathering, Thanks Giving Cosplay Days dan Turnamen E-sport.

“Untuk even sendiri setiap bulan ada untuk hari minggu  selalu ada, nantinya seperti jalan memperagakan apa saja jadi karakternya, berjalan di panggung tepatnya memperagakan sebuah pose,” tutupnya.