Logo

DKP Rejang Lebong Buka Pasar Murah

REJANG LEBONG – Dalam rangka menstabilkan harga serta ketersediaan pangan yang ada di masyarakat, Dinas Ketahanan Pangan(DKP) Rejang Lebong membentuk kegiatan yakni Pasar Murah.

Pasar Murah tersebut dibuka mulai tanggal 19 Mei sampai 11 Juni 2018, pasar ini tersebar di 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong serta ada pula yang di kantor DKP setiap harinya.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Solahudin, SP melalui Kasi Ketersediaan Pangan,Eri Puspadiah, SP menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Bulog, Perindag dan Satgas Pangan dalam membentuk Pasar Murah.

Kegiatan pasar murah ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya menjelang lebaran yang dimana pastinya akan ada kenaikan harga bahan pokok dipasar pasar tradisional.

“Pasar murah ini berkeja sama dengan bulog, perindag dan satgas pangan yang dimana dilaksanakan mulai tanggal 19 Mei sampai dengan 11 Juni,” ujar Eri, Sabtu (19/5/2018).

Selain itu, DKP juga akan melaksanakan Operasi Pasar yang bertujuan agar persediaan/stok sembako di Kabupaten Rejang Lebong yang ada sampai dengan pasca hari raya Idul Fitri dengan ketersediaan yang cukup.

Operasi pasar bertujuannya untuk menstabilkan harga dan memantau stok barang, dinas bersama satgas akan melakukan tindakan untuk meminimalisir kenaikan harga dan memantau stok barang menjelang lebaran agar masyarakat tidak merasa khawatir adanya stok barang yang kosong.

“Untuk mengantisipasi kenaikan harga untuk bahan pokoknya, kami akan melakukan operasi pasar, selain itu operasi pasar juga bertujuan untuk memutuskan mata rantai terjadinya penimbunan yang berlebihan di distributor tertentu,” ujar Eri.

Eri juga sangat mengharapkan agar masyarakat di Rejang Lebong tidak perlu khawatir akan kekurangan stok bahan pokok sampai menjelang lebaran. Hal itu dikarenakan, Instansi terkait akan terus melakukan operasi pasar dan pasar murah dalam mentsabilitaskan harga dan mencukupi ketersediaan bahan pokok yang ada.

Dari Pantauan Bengkulunews.co.id, ketika kegiatan ini dibuka, masyarakat di sekitar lokasi langsung datang berbondong bondong membeli sembako yang dijual di pasar murah yang ada di Dinas ketahanan Pangan.

“Untuk masyarakat jangan khawatir akan kekurangan stok, Dinas Ketahanan Pangan akan bekerja secara maksimal dan bekerja sama dengan lintas sektor terkait seperti Bulog dan Perindag untuk ketersediaan stok pangan serta bekerja sama dengan satgas pangan dalam rangka pengawasan distribusi pangan di pasaran,” pungkas Eri.

Daftar Harga Eceran Tertinggi(HET) di Pasar Murah:

Beras kita  Rp.13.500
Manis Kita Rp.12.500
Minyak Kita Rp.12.500
Tepung Kita Rp.9.000
Gula kemasan Rp.12.500
Blue Band Rp.10.500
Minyak 1 litter pillow Rp.10.500
Minyak 1 liter pounch Rp.11.500
Daging beku Rp.80.000. (Prw)