Logo

Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara Serahkan 60 Ribu Bibit Tanaman Sayuran

Bupati Bengkulu Utara Ir Mian bersama Balitbang Ketahanan Pangan Pusat dan Plt Kadis Ketahanan Pangan Bengkulu Utara saat acar penyerahan bibit

BENGKULU UTARA, bengkulunews.co.id – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan, Sabtu (25/2/2017) pagi menggelar acara launching Penyerahan Bibit Tanaman Sayuran.

Hal ini bertujuan memotivasi seluruh stake holder di Kabupaten ini agar memanfaatkan kawasan lapangan lestari di setiap kawasannya masing-masing,

Pada sasaran awal, Dinas Ketahananan Pangan membagikan sebanyak 60 ribu bibit yg sudah disemai ke seluruh camatan dan PKK se-kabupaten Bengkulu Utara.

Plt Kadis Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, Casendra SP memberikan kata sambutan

Plt Kadis Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, Casendra SP, mengemukakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan regulasi dan amanat dari Undang-undang, Peraturan Pemerintah (PP) serta Peraturan Menteri (Permen) yanga ada, Sementara ini kecamatan kota Arga Makmur dijadikan sasaran awal sekaligus merupakan percontohan dari program ini.

“Ada sekitar 60 Ribu bibit yang yang akan di bagikan, untuk tahap awal ini, kita ambil sampel untuk desa yang berada di dalam kecamatan Kota Arga Makmur, berikutnya akan menyusul ke desa- desa di kecamatan lainnya,” papar Casendra.

Bibit diserahkan langsung oleh Bupati Ir Mian, Kepala Dinas Ketahanan Provinsi Bengkulu, Evarini, dan Plt Kadis Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, Casendra SP.

Bupati Mian, dalam sambutanya menyampaikan bahwa untuk membangkitkan kembali RTPL Green House serta kearifal lokal, Ketahanan pangan menjadi kedaulatan yang harus dijaga.

Selain itu, kata Bupati, pihaknya terus mendorong tim PKK karena mereka salah satu garda terdepan dalam pertumbuhan perekonomian kerakyatan,

“Agar menjadi siklus, harus ‘dikeroyok’ bareng. Karena itu mengedepankan kerjasama dengan provinsi,” kata Bupati.

Kedepanya, lanjut Bupati, Green House tidak hanya di Kecamatan namun akan menyebar ke desa-desa.

“Jika siklus itu terus berjalan, maka bisa menghemat pengeluaran kepala keluarga di kabupaten ini,” ujarnya.

Terakhir, bupati mengucapkan terimakasih kepada PT Matahari merupakan pihak ketiga yang mau bekerjasama dalam memberikan pelayanan RTPL.

Acara ini dihadiri, Balitbang Kementerian Ketahanan Pangan Pusat, Dr. Ir. Rudi Hartono, Kepala Dinas Ketahanan Provinsi Bengkulu, Evarini, Sekda Bengkulu Utara, Dandim 0423, Kepala OPD, Camat serta Kepala Desa se-kabupaten Bengkulu Utara.(prw)