Dapat Rekor Muri, 500 Dol Gemparkan Bumi Raflesia

Aksi penabuhan Dol yang terdiri dari 49 sanggar Bengkulu pada Kamis (16/11/2017) di Pantai Panjang
Plt Gubernut Rohidin Mersyah menerima sertifikat piagam Rekor Muri

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Sebanyak 500 Dol asli Bengkulu mendapat rekor muri penabuhan Dol terbanyak dan terpanjang pertama di Indonesia bahkan dunia.

Acara yang dipusatkan di Pantai Panjang Bengkulu, pada Kamis (16/11/2017) siang ini, disaksikan langsung Plt Gubernur Rohidin Mersyah, serta dari Kementerian Pariwisata RI Fric Silalahi, Kementrian Dinas Perindustrian dan perdagangan RI Suharto, Anggota DPD RI Riri Damayanti, serta ribuan masyarakat Bengkulu.

Aksi pemecahan rekor Muri tersebut dalam rangka memperingati hari ulang tahun Provinsi Bengkulu ke 49. Rencananya penabuhan alat musik Dol tersebut akan dijadikan ajang tahunan setiap perayaan ulang tahun Provinsi Bengkulu.

Penabuhan Dol diawali Plt Gubernur Rohidin Mersyah

Disampaikan Rohidin, saat ini nilai budaya Dol asli Bengkulu sudah mulai dikenal di dalam maupun diluar negeri. Dia pun mengajak masayarakat untuk menjaga dan memelihara kesenian tersebut.

“Dol Bengkulu sudah sering tampil di beberapa event besar di Indonesia, karena nilai budaya Dol asli Bengkulu ini sudah mulai dikenal Indonesia, dan akan menjadi simbol yang membanggakan dari segi nilai budaya,” ujar Mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan itu.

Ketua Asosiasi Penggiat Seni Budaya (APSB) Bengkulu, Syukri Ramzan merasa bangga karena dipercaya pada event pemecahan rekor muri dol pertama itu.

Dia menyebut dari 500 penabuh Dol terdiri dari 49 sanggar yang ada di provinsi ini.

“Ini salah satu kebanggaan buat kami karena ditunjuk dan dipercaya dalam pemecahan Rekor Muri Ini,” pungkasnya. (adv)

Tampak hadir, Kementerian Pariwisata RI Fric Silalahi, Kementrian Dinas Perindustrian dan perdagangan RI Suharto, Anggota DPD RI Riri Damayanti
Aksi penabuhan 500 Dol
Baca Juga
Tinggalkan komen