Logo

Besok PPDB Tingkat SD dan SMP Dimulai, Jalur Prestasi Dibuka Lebih Awal

BENGKULU – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP se Kota Bengkulu segera dimulai besok, 21 Juni 2023. Pendaftaran jalur prestasi, afirmasi, jalur ikut orang tua pindah dan tamatan sebelumnya akan dibuka lebih awal.

“Untuk PPDB di Kota Bengkulu tingkat SD dan SMP itu akan kita mulai di tanggal 21 Juni sampai 5 Juli mendatang. Rinciannya untuk jalur afirmasi, jalur prestasi dan jalur ikut orang tua pindah untuk akan kita mulai tanggal 21, 22, 23 dan 26 Juni,” kata Huteman Mulyadi, ketua PPDB.

“Itu kita laksanakan prosesnya secara offline. Artinya kita menerima berkas dan persyaratan, lalu anak-anak yang diterima jalur ini setelah diverifikasi dan dinyatakan diterima akan diumumkan di website,” lanjutnya.

Sementara untuk penerimaan didik baru jalur zonasi akan menyusul pada tanggal tiga 5 Juli 2023 mendatang. “Terkhusus untuk jalur zonasi kita laksanakan tanggal 3,4 dan 5 Juli mendatang,” katanya.

Dijelaskan Huteman, khusus untuk jalur prestasi, para murid harus menyertakan piagam atau sertifikat juara akademik atau non akademik yang ditanda tangani pejabat yang berwenang.

“Terkhusus untuk yang jalur prestasi itu persyaratannya meliputi piagam atau sertifikat yang diterima mendapatkan juara yang ditandatangani pejabat yang berwenang ditingkatnya masing-masing,” imbuhnya.

Dalam penerimaan didik baru tersebut, sambung Huteman, untuk jalur prestasi tersedia maksimal 30 persen kuota dari daya tampung sekolah. Sementara jalur afirmasi maksimal 15 persen dari kuota sekolah.

Selanjutnya, untuk jalur orang tua pindah, tersedia 5 persen dan jalur zonasi tersedia minimal 50 persen dari kuota sekolah masing-masing.