Logo
Dempo Xler

Hingga 2017, Bantuan Bibit ke Benteng Belum Jelas

Petani saat menggemburkan lahan pesawahan agar siap untuk ditanam kembali

Petani saat menggemburkan lahan pesawahan agar siap untuk ditanam kembali

Petani saat menggemburkan lahan pesawahan untuk siap ditanam kembali

bengkulunews.co.id – Hingga saat ini terkait adanya bantuan bibit ke Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Tengah, belum ada kepastian. Hal ini disampaikan, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Benteng, Syahrul Lutfi, Jumat (27/1).

Dikatakanya, memang belum ada sinyal atau pemberitahuan dari pihak Dinas Pertanian Provinsi terkait bantuan bibit ini.

“Memang belum ada sinyal dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu untuk berapa bibit benih yang akan diberikan ke Benteng. Karena saat ini pihak provinsi juga masih menyusun DPA nya, yang jelas, kami terus menyampaikan proposal ke pihak provinsi terkait bantuan ini,” ungkapnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, lanjutnya, Benteng mendapat bantuan 7.500 kg bibit jagung untuk 500 hektare (ha), 52.500 kg bibit padi untuk 2.100 ha dan bibit jagung sekitar 15 kg per ha untuk luas lahan 500 ha. Kemudian 25 kg per hektare untuk 2.100 hektare lahan persawahan.

“Pembagian bibit diberikan kepada sejumlah kelompok tani (poktan). Satu desa terdapat 3 hingga 5 poktan. Luas lahan persawahan di Benteng mencapai 6.715 ha. Kawasan Kecamatan Pondok Kelapa dan Taba Penanjung paling luas,” ujar Syahrul.

Syahrul memastikan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak provinsi agar Benteng kembali mendapat bantuan bibit. (121)