Bengkulu News #KitoNian

Antisipasi Bencana Alam, Petugas Bidang Kesehatan di BU Diberi Latihan

Puluhan petugas dari berbagai bidang kesehatan di Bengkulu Utara diberi pelatihan dan pembekalan terkait dengan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam

BENGKULU UTARA – Puluhan petugas dari berbagai bidang kesehatan di Kabupaten Bengkulu Utara, mendapat pelatihan dan pembekalan terkait dengan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam, Kamis (25/10).

Mereka dilatih langsung oleh Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan. Pelatihan itu dalam bentuk kegiatan simulasi penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam di daerah Bengkulu Utara.

Kabid Pencegahan Mitigasi dan Kesiapsiagaan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, Agus Hendroyono mengatakan, kegiatan ini merupakan peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan dalam penanganan bencana yang berdampak krisis kesehatan.

“Jadi kegiatan ini upaya adalah untuk mengatisipasi sebelum bencana kita sudah siap, intinya kesiapsiagaan pada pengurangan resiko bencana,” ujar Agus.

Kegiatan ini dilakukan di Bengkulu Utara, sambung Agus, karena menurut Agus institusinya punya prioritas wilayah risiko tinggi di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kita lakukan kegiatan ini karena dari data kita seluruh wilayah Bengkulu termmasuk Kabupaten Bengkulu Utara berada dizona merah untuk bencana alam baik gempa, tsunami, dan banjir,” lanjutnya.

Disisi lain, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Haryadi menyampaikan, pemerintah Bengkulu Utara memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Kementerian Kesehatan Pusat, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan Dinas Kesehatan Bengkulu Utara yang telah melaksanakan antisipasi terhadap apabila terjadi bencana alam daerah Kabupaten Bengkulu Utara.

“Ini adalah kegiatan yang sangat penting memberikan pelatihan dan pembekalan kepada petugas kesehatan guna meningkatkan kapasitas mereka dalam melakukan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam di daerah Bengkulu Utara,” pungkasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen