Logo
Dempo Xler

Warga Kota Diimbau Stop BAB Sembarangan

Warga Kota Diimbau Stop BAB Sembarangan

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau agar warga membangun toilet baik pribadi maupun umum untuk menjaga kebersihan lingkungan kota.

Sebab, berdasarkan pemantauan Dinkes, di beberapa tempat masih ditemukan masyarakat yang sering buang air besar (BAB) sembarangan.

“Stop buang air besar sembarangan, artinya tidak ada lagi yang buang air besar di sungai , siring ataupun di kebun-kebun agar terjaganya lingkungan kota,” kata Kadinkes Kota Bengkulu, Herwan, Senin (13/02/2017).

Herwan menambahkan, saat ini baru dua kelurahan yang telah dideklarasikan bersih, sementara sisanya masih dalam tahap sosialisasi.

Dirinya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan kota yang sehat.

“Baru dua kelurahan yang sudah deklarasi yakni Kelurahan Padang harapan dan jalan gedang,” ujar Herwan.

Dari pengamatan Dinkes hingga tahun 2017, masih ada masyarakat yang tidak memiliki WC. Adapun yang sudah memiliki wc namun tetap mengalirkan nya ke sungai.

Bagi daerah yang belum mempunyai jamban maka program ini harus segara diterapkan atas kerjasama pemerintah kota , PU dan masyarakat itu sendiri.