Logo

Volume Sampah di Kota Bengkulu Meningkat Selama Ramadhan

BENGKULU – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Bengkulu memperkirakan volume sampah selama ramadan 2024 mencapai 3-7 ton per hari. Jumlah tersebut akan terus bertambah hingga memasuki hari raya Idul Fitri.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah DLH Kota Bengkulu Rusman, peningkatan jumlah sampah ini dipicu oleh aktifitas berjualan dan sampah rumah tangga, tetapi angkanya tidak begitu signifikan.

“Kalau dilihat dari tahun ke tahun pada hari raya itu pasti ada penambahan volume sampah, kalau kita hitung 5-6 kubik 1 mobil dump truk dengan berat 2-3 ton yang dibawa ke TPA,” ujar Rusman, Selasa (2/4).

Di beberapa titik penumpukan sampah, DLHK Kota Bengkulu telah menyediakan 1 unit kontainer sampah yang setiap harinya selalu diangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA) Air Sebakul. Namun, sampah rumah tangga dikelola oleh pihak kelurahan lewat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Kita tidak mengambil lagi sampah rumah tangga (SRT) di rumah masyarakat kecuali di jalan poros dan di tempat usaha. Karena sudah ada LPM yang mengelola sekarang,” jelasnya.

Harapannya, saat idul fitri kondisi di Kota Bengkulu sudah bersih. “Di hari H lebaran mungkin kita juga melakukan pengangkutan sampah-sampah yang kurang sedap dipandang dibeberapa tempat,” tutupnya.