Logo

DLH Kota Bengkulu Sebut Volume Sampah Meningkat Pascalebaran

BENGKULU – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan menyebutkan, volume sampah pasca hari raya lebaran meningkat, salah satu sumbernya adalah sampah rumah tangga.

“Pascalebaran ini sampah membeludak, itu mungkin banyaknya masyarakat menghasilkan sampah rumah tangga paska lebaran,” ucap Riduan pada bengkulunews.co.id, Selasa (16/04/2024)

Riduan mengaku sempat memberikan cuti lebaran ke beberapa petugas kebersihan yang ada di Kota Bengkulu selama 1 hari. Sehingga mengakibatkan pada libur lebaran ke dua dan tiga volume sampah tambah meningkat.

Selanjutnya Riduan menilai, kurangnya dukungan masyarakat dan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan. Banyak juga ditemui sampah-sampah yang di buang tidak pada tempatnya, seperti di pinggir-pinggir jalan.

“Kami nilai masyarakat juga kurang begitu mendukung bagaimana menciptakan kota ini bersih, sampah itu banyak diletakkan di pinggir jalan sehingga sebenarnya harus ditahan dulu pengangkutanya agar juga memberikan waktu ke petugas untuk berlebaran,” kata Riduan.

Permasalahan lain juga timbul di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Riduan menjelaskan, pada pintu masuk TPA penuh dengan sampah, hal itu disebabkan oleh petugas yang kurang sabar sehingga membuang sampah pada pintu masuk TPA.

“Pintu masuk di TPA kita penuh dengan sampah sehingga yang membuang sampah, terutama mobil kecil menjadi kewalahan dan karena tidak mau sabar mereka ikut membuang di pintu masuk dan menghalangi pintu masuk,” jelasnya

Tambah Riduan, masyarakat sekitar TPA sempat lakukan protes, karena kurang tertibnya mobil-mobil kecil pengangkut sampah.

Selanjutnya, menanggulangi hal tersebut, kemarin DLH lakukan kerja lembur agar sampah yang ada pada pintu masuk TPA tidak menggangu lagi jalan masuk ke TPA.