Bengkulu News #KitoNian

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat

Bupati Bengkulu Utara Ir Mian menjadi inspektur upacara
Bupati Bengkulu Utara Ir Mian menjadi inspektur upacara

BENGKULU UTARA, bengkulunews.co.id – Upacara pengibaran bendera Merah Putih Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, dalam rangka memperingati HUT RI ke 72, Kamis (17/8/2017) di Alun-alun Rajo Malim Paduko berjalan khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara detik-detik proklamasi ini yakni Bupati Bengkulu Utara Ir Mian.

Menjelang detik-detik proklamasi, Ir Mian bersama seluruh masyarakat dan peserta upacara yang hadir menyaksikan drama kolosal mengenai perjuangan pahlawan di Bengkulu Utara dalam membela dan melindungi rakyat dari kekejaman penjajah kolonial Belanda pada masa itu.

Drama Kolosal perjuangan pahlawan ditampilkan oleh siswa-siswi SMAN 1 Bengkulu Utara bekerjasama dengan Kodim 0423 Bengkulu Utara.

Drama itu menggambarkan perjuangan Marjati atau Ratu samban yang merupakan Pahlawan Bengkulu Utara dari desa Bintunan saat ini Kecamatan Batiknau. Pada zaman itu, Marjati gigih membela rakyat dan bumi pertiwi dari kekejaman dan penindasan penjajah seperti pembebanan pajak yang tinggi oleh kolonial Belanda.

Usai itu, dilanjutkan dengan peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan RI. Dimana Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Bengkulu Utara, Aliantor Harahap.

Hadir sebagai peserta upacara, Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, SE, Dandim 0423 Letkol. Czi. Syaiful Rachman, seluruh OPD, Instansi, ASN, dan seluruh Siswa-Siswi tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi di Kabupaten Bengkulu Utara.

Bupati tiba di lapas Arga Makmur disambut oleh pegawai lapas dan warga binaan

Usai melaksanakan upacara bendera, Bupati Mian mengunjungi lapas Arga Makmur. Di lapas ini Bupati memberikan remisi kepada 236 warga binaan. Dan sebanyak 6 orang warga binaan dinyatakan bebas setelah menerima remisi yang diberikan oleh menteri Hukum dan Ham RI.

Bupati memberika remisi kepada warga binaan lapas Arga Makmur
Baca Juga
Tinggalkan komen