Logo

UMB Tambah Prodi Pascasarjana Bahasa Indonesia dan IPS

 

Rapat pematangan proposal yang akan diajukan ke Dikti

bengkulunews.co.id – Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) terus menunjukan eksistensinya di dunia penidikan khususnya perguruan tinggi. Pasalnya, dalam waktu dekat UMB melakukan pengembangan prodi baru pascasarjana Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Rektor UMB, Dr. H. Ahmad Dasan, SH, MA, mengatakan, prodi baru ini sudah dirancang sejak tahun akademik 2016-2017.

“Saat ini kami sudah melakukan penyusunan borang, studi kelayakannya bahkan rekomendasi Kopertis Wilayah II. Tinggal sekarang kami mematangkan kembali di proposal dan akhir bulan ini akan segera dikirim ke Kementerian,” katanya, Selasa (17/1).

Tujuan dibukannya prodi ini, lanjut Rektor, guna meberikan kesempatan kepada lulusan UMB khususnya prodi S1 Bahasa Indonesia dan IPS untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

“Kedua program studi ini tentu sangat berkualitas, karena tenaga pengajarnya sudah terkualifikasi. Syaratnya juga harus ada 6 doktor di dalamnya dan itu sudah terpenuhi,” ujarnya.

Diharapkannya, tahun akademik 2017-2018 kedua prodi ini bisa dibuka. Akan segera menyusul program studi magister lain seperti, magister Ilmu Hukum, Peternakan, disamping juga mempersiapkan prodi S1 Kedokteran.

“Mudah-mudahan semuanya terealisir,” cetusnya.

Di sisi lain, Ketua Pendirian Prodi Pascasarjana, Susiyanto, menyampaikan, dirinya optimis prodi ini akan disetujui. Pengalamannya, dengan kelengkapan borang, studi kelayakan apalagi sudah mengantongi rekomendasi Kopertis pasti akan disetujui.

“Syarat-sayarat sudah kami penuhi. Baik SDM, infrastruktur dan yang lainnya sudah memenuhi syarat,” ungkapnnya.

Diinginkannya, pengembangan studi ini dapat diterima oleh masyarakat. Selain juga membantu lulusan sarjana UMB pada prodi itu untuk bisa melanjutkan ke jenjang S2.

“Jadi mereka tidak perlu lagi kuliah di luar. Selain mudah, juga dapat menghemat kost yang dikeluarkan,” tutupnya.(red3)