Logo

Siswa SLB Tunjukkan Kepiawaian dalam Karya Seni

Karya seni hasil kerajinan tangan siswa/i SLB Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Memiliki keterbatasan bukan berarti tidak bisa berkreasi. Buktinya, siswa/i Sekolah Luar Biasa (SLB) ini mampu menciptakan karya-karya yang bernilai.

Seperti yang terlihat pada pameran hasil kreasi siswa berkebutuhan khusus ini. Berbagai karya seni hasil kerajinan tangan berhasil diciptakan. Seperti lukisan, tenunan dan barang olahan dibuat seolah berasal dari tangan-tangan profesional.

Hal ini, menepis anggapan bahwa siswa berkebutuhan khusus tidak dapat berkreasi dan bersaing dengan siswa normal.

”Ini membuktikan, jika siswa berkebutuhan khusus juga memiliki kreatifitas yang sama dengan siswa di sekolah biasa,” kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Sumaryo, Rabu (17/5/2017).

Ia menyampaikan, barang-barang ini, dikumpulkan dari 15 SLB se-Provinsi Bengkulu, untuk dipajang dan dijual pada para peminat karya seni.

”Semuanya dari seluruh SLB di Bengkulu, kalau ada yang minat silahkan beli. Agar para siswa nantinya telah terlatih untuk hidup mandiri dan bersaing dengan dunia luar,” ujar Sumaryo.

Selain itu, terang dia, setidaknya ada puluhan barang-barang kerajinan yang dipamerkan, mulai dari papan merek, baju, pernak-pernik, barang kebutuhan rumah tangga dan cinderamata.

Bahkan, para siswa ini juga menampilkan tari-tarian dengan peserta dan grup musik iringan dari penderita tuna rungu.