Logo

Sekolah Swasta Tersingkir, Sekdis : Tingkatkan Kualitas

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidian Provinsi Bengkulu Bengkulu, M Daud Abdullah

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu Bengkulu, M Daud Abdullah mengatakan, sekolah swasta yang merasa kekurangan siswa lantaran penerapan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi, harus meningkatkan kualitas sekolahnya.

”Bukan mau mengecilkan sekolah swasta, mereka juga harus membenahi managemennya, ada jaminan kualitas,” kata Daud, Jumat (21/7/2017).

Daud menambahkan, sekolah swasta harus memperbaiki kualitas, terutama SDM tenaga pendidik dan fasilitas penunjang sekolah.

”Ada juga sekolah swasta dengan kualitas yang baik, mereka mampu bersaing. Buktinya, ketika penerimaan siswa baru malah mereka tidak tertampung lagi, bahkan bisa mengalahkan sekolah negeri,” sampai Daud.

Aturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat, kata Daud, merupakan upaya pemerintah untuk menyama ratakan pendidikan.

Namun, jika menggunakan aturan lama, dikhawatirkan tradisi pindah sekolah dari sekolah swasta ke sekolah negeri masih terjadi. Sehingga sekolah swasta kerap hanya dijadikan sekolah pendukung untuk sekolah negeri.

”Makanya harus ditingkatkan, jadi bisa menjadi pilihan peserta didik karena kualitas yang setara. Pemerintah itu kan tidak kaku, pada dasarnya setiap anak harus sekolah,” tutup Daud.