Logo

Rejang Lebong Jadi Tuan Rumah Porprov 2020

REJANG LEBONG – Mengirimkan 150 atlet putra dan 69 atlet putri untuk 14 cabang olahraga (Cabor) pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bengkulu ke IX tahun 2018 di Kota Bengkulu.

Kontingen Kabupaten Rejang Lebong (RL) berhasil mencapai target untuk memperbaiki peringkat dari gelaran Porprov 2014 lalu yang hanya mampu bertengger di posisi 6 dari 10 kabupaten/kota. Karena pada Porprov tahun ini, kontingen RL mampu meraih posisi runner up setelah tuan rumah Kota Bengkulu dan diikuti oleh Kabupaten Bengkulu Tengah di posisi ketiga.

Kontingen RL berhasil meraih meraih 20 medali emas, 23 perak dan 24 medali perunggu dengan total medali sebanyak 67 medali. Cabor Panjat Tebing menjadi cabor paling banyak mendulang emas, yakni 7 emas. Diikuti oleh cabor Atletik, Tennis Meja dan cabor Silat yang masing-masing menyumbangkan 3 medali emas. Sedangkan peraih medali terbanyak yakni cabor taekwondo dengan total medali sebanyak 13 medali, terdiri dari 1 emas, 7 perak dan 5 perunggu.

Menurut Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten RL, H. Andrian Wahyudhi, meraih posisi runner up ini sudah sangat luar biasa dan menurutya telah mencapai target untuk lebih baik dibandingkan pada Porprov 2014 lalu.

“Kami tidak pernah membebani atlet dengan target juara umum, kami hanya ingin mereka bermain lepas dan memberikan yang terbaik. Jadi meskipun tidak menjadi juara umum, namun posisi runner up ini sudah sangat baik dan mencapai target untuk memperbaiki peringkat dari Porprov 2014 lalu,” ungkap Yudhi.

Kabupaten RL juga didapuk sebagai tuan rumah untuk gelaran Porprov selanjutnya pada tahun 2020 mendatang. Penyerahan pataka Porprov juga sudah diserahkan kepada Ketua KONI RL saat upacara penutupan Porprov IX kemarin sore di Stadion Semarak, Bengkulu. Yudhi menegaskan bahwa RL sangat siap untuk menjadi tuan rumah Porprov Bengkulu ke-X tahun 2020 mendatang.

“Kami siap untuk menjadi tuan rumah Porprov Bengkulu ke-X tahun 2020. Kami akan terus koordinasi dengan berbagai pihak untuk Persiapannya. Masih ada waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya,” tegasnya.

RL sendiri sebenarnya pada Porprov 2018 ini pernah akan dijadikan tuan rumah untuk tujuh cabor diantaranya cabor Renang, Panjat Tebing dan Taekwondo. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya seluruh cabor dipertandingkan di Kota Bengkulu. Pertimbangan KONI Provinsi Bengkulu menunjuk RL sebagai tuan rumah untuk Porprov 2020 sendiri salah satunya adalah mengenai kesiapan sarana dan prasarana pendukung seperti veneu pertandingan.