Logo

PPDB, Sudisman : Bebas Zona bukan Solusi

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu, Sudisman saat sidak

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu, Sudisman mengatakan, pembukaan pendaftaran sekolah dengan cara bebas zona bukanlah solusi, guna mengatasi persoalan semrautnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi.

Sudisman mengatakan, sebelum kebijakan itu diterapkan, Dinas Pendidian (Disdik) Kota Bengkulu, harus terlebih dahulu menerapkan sistem zona terdekat.

”Terakhir pendaftaran tanggal 10 Juli, lewat itu baru bebas zona. Tapi, menurut kami sebelum benar-benar bebas zona, harus zona terdekat dulu, zona tetangga. Barulah ketika itu belum menjadi solusi, sistem bebas zona diterapkan,” kata Sudisman, usai sidak ke SMPN 4 Kota Bengkulu, Jumat (7/7/2017).

Sudisman menambahkan, aturan ini nantinya akan memakan waktu sedikit lama, sebab pendaftaran dengan cara bertahap, penerimaan akan dimulai dengan sistem zonasi, disusul dengam zona terdekat untuk kemudian menerapkan sistem bebas zona.

”Memang memakan waktu, tapi ini bisa dilakukan, sebab dalam Permendikbudnya itu kan masa pendaftaran siswa baru boleh dilakukan hingga ahir juli mendatang,” sampai Sudisman.

Politisi Partai Hanura ini menekankan, agar penambahan ruang kelas sebagaimana telah diatur dalam kebijakan pemerintah harus segera direalisasikan.

”Mau tidak mau pemerintah kota, harus segera melengkapi fasilitas berupa ruangan dan fasilitas pendukung lainnya, biar bisa terpenuhi, memang membutuhkan dana tapi itu bisa dibahas,” tutup Sudisman.