Bengkulu News #KitoNian

Pola Kematian Unggas di Lebong Mirip Flu Burung

Bangkai ayam milik peternak Kabupaten Lebong

LEBONG – Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) kabupaten Lebong, mendatangi Desa Nangai Tayau Kecamatan Amen untuk mengetahui penyebab laporan dari warga mengenai banyak unggas yang mati. Dari hasil lapangan, dugaan sementara unggas yang mati itu disebabkan oleh penyakit Kuyang.

Kabit Perternakan dan Kesehatan Hewan Disperkan Lebong, Ferdi Ferdian mengatakan, dari hasil pemeriksaan di lapangan, penyebab ternak seperti ayam dan itik warga yang banyak mati itu diduga terserang penyakit

Untuk mengetaui itu penyakit kuyang atau bukan, lanjut Ferdi, pihaknya sedang mengambil peralatan dari luar kabupaten Lebong. Lantaran pola kematian unggas mirip gejala flu burung.

“Dugaan sementara kematian unggas tersebut karena penyakit ND atau Kuyang. Pola kejadian dan kematian penyakit mirip dengan Flu Burung. Hanya belum bisa di pastikan itu flu burung,” ujarnya, Senin (23/7/2018).

Untuk mengetahui pasti penyebab kematian, tegasnya, hanya dapat melalui peralatan Rapid Test AI sedangkan Desinfektan untuk pengendalian penyakitnya nanti. Setelah dapat peralatan, janjut Ferdi, pihaknya secepat mungkin akan kembali turun lapangan.

“Karena unt memastikan penyebab penyakit harus dengan alat tersebut,” demikian Ferdi.

Berita Terkait: Warga Heboh, Banyak Ayam Kampung Mati Mendadak

Baca Juga
Tinggalkan komen