Bengkulu News #KitoNian

Tradisi Pawai Obor Kelurahan Tanjung Agung Muncul Lagi Setelah 12 Tahun Vakum

Anggota pramuka memegang obor bambu mengelilingi kelurahan Tanjung Agung, Kabupaten Lebong sambil bersholawat.

LEBONG – Dalam rangka menyambut tahun baru islam ke 1440 Hijriah, MTS Pondok Pesantren Ampel Darusalam di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Plabai, Kabupaten Lebong menggelar tradisi pawai obor yang sudah bertahun-tahun tidak dilakukan, Senin (10/9) malam.

Pawai obor tersebut diikuti oleh anggota pramuka tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Lebong, dengan memegang obor bambu mengelilingi kelurahan sambil bersholawat.

Kepala Sekolah MTS Pondok Pesantren Ampel Darusalam, Sukamdani mengatakan, tradisi pawai obor Kelurahan Tanjung Agung ini sejak tahun 2002 lalu tidak pernah lagi dilaksanakan.

“Pawai ini untuk merayakan tahun baru islam dengan tradisi Kelurahan Tanjung Agung yang sempat muncul ditahun ini,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, tradisi pawai obor Kelurahan Tanjung Agung tersebut pada tahun 2018 juga pernah dilaksanakan saat hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, Ketua harian Pramuka Lebong, Elpian Syori mengatakan, pawai obor yang diaAnggendakan sekolah MTS Pondok Pesantren Ampel Darusalam tersebut sangat membangun bagi pendidikan karakter anggota pramuka di Kabupaten Lebong.

“Saya sangat mengapresiasi agenda ini, karena sangat mendukung anggota pramuka untuk berpartisipasi dalam masyarakat,” ucapnya.

Disisi lain, salah satu warga, Indra yang menyaksikan pawai itu sangat senang melihat anak-anak masih perduli pada tradisi.

“Senang lah kita melihat tradisi kita masih di ingat,” singkatnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen