Logo

BPBD Masih Menunggu Usulan Anggaran untuk Penanganan Longsor di Lebong

BENGKULU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu saat ini masih melakukan penanganan darurat terhadap bencana alam longsor yang terjadi di Kabupaten Lebong baru-baru ini.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni. Ia menyebut untuk penanganan secara permanen, pihaknya masih menunggu usulan anggaran untuk penanganan tersebut.

“Kemarin kan ada longsor di tebing, tetapi sudah ditangani. Memang penanganan darurat dulu, kalau untuk penanganan permanen masih menunggu. BPBD ada dua titik untuk ditangani, PU juga dua titik. Tentu ini masih dalam proses pengusulan anggaran, mudahan di APBDP nanti bisa tertangani,” kata Herwan Antoni, Senin (10/06/2024).

Herwan Antoni menambahkan, saat ini pihaknya baru melakukan upaya pembukaan jalan di lokasi longsor tersebut. Kedepan, BPBD dan PU berencana memasang Bronjong di dan pelapis tebing.

“Itu sudah direncanakan oleh pihak PU. Ada beberapa titik yang putus kemaren itu harus ada pemasangan bronjong. Karena kan langsung berbatasan dengan sungai, kemudian juga ada pemasangan untuk pelapis tebing,” tambahnya.

Disisi lain, dengan adanya bencana alam tersebut, Herwan mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk mewaspadai adanya bencana hidrometeorologi, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan.