Logo

Ombudsman Bengkulu Ajak Pemuda Ikut Mengontrol Pelayanan Publik

Kepala Ombudsman RI Bengkulu, Herdy Puryanto

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kepala Ombudsman RI perwakilan Bengkulu, Herdy Puryanto menyebut, dalam memperkuat fungsi pengawasan Ombudsman, segmen pemuda sangat penting. Menurutnya sosok pemuda khususnya mahasiswa mempunyai potensi menjadi pengontrol pelayanan publik.

“Mereka masih netral, masih bisa dicetak untuk menjadi apa saja, menjadi pengontrol pelayanan atau malah jadi oknum yang melanggar. Namun harapan kami, mereka menjadi pengontrol dan pengawas,” kata Herdy dalam Sosialisasi Ombudsman dengan tema Generasi Pemuda Dalam Mengawasi Pelayanan Publik, Sabtu (7/10/2017) malam.

Peran pemuda, lanjut Herdy, sebagai generasi penerus bangsa dapat selalu bersikap kritis. Juga peduli saat menemui pelanggaran administrasi pada penyelenggaraan pelayanan publik.

“Pemuda harus idealis, harus ada empati, kita berharap ada peran aktiv mereka dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik,” pungkasnya.

Masih kata Herdy, segmen pemuda merupakan segmen awal untuk memberantas Maladministrasi. Para pemuda sebagian akan bergabung dalam pemerintah sebagai penyelenggara negara.

“Jadi kalau sudah dididik dari sekarang, ketika masuk ke pelayanan publik kinerjanya akan maksimal,” tutupnya.