Bengkulu #KitoNian

Nelayan Trawl Beraksi Lagi di Lais

Nelayan Tradisional usai menangkap Trawl

KOTA BENGKULU – Aliansi Nelayan Tradisional Bengkulu (ANTB) berhasil menangkap 1 unit alat tangkap Trawl yang tengah beroperasi di wilayah pantai Lais, tepatnya di Desa Palik Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu (21/4/2018) sekira pukul 10:00 wib. Alat ini ditangkap saat sedang beroperasi di Lais, setelah sebelumnya sempat terjadi aksi kejar-kejaran antar nelayan.

“Itu rombongan kita dari ANTB Malabero sedang melaut, jadi ketemulah kapal trawl itu lagi menggaruk di pinggiran itu, di kawasan Lais, diputuskanlah alat tangkap itu oleh nelayan kami,” ungkap Ketua Nelayan Malebero, Ujang Joker.

Ujang menduga kapal tersebut milik nelayan trawl Pulau Baai. Nelayan juga telah memastikan bahwa alat yang digunakan merupakan alat tangkap jenis Trawl dengan panjang jaring sekitar 100 meter.

“Yang dikejar ada dua kapal tapi yang tertangkap cuma satu. Kita kurang tau jenis trawlnya apa, yang jelas yang namanya pukek (Pukat) Harimau, pukek Trawl,” tandas Ujang

Terpisah, Kapolsek Teluk Segara, Kompol Jauhari saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan satu unit alat tangkap Trawl oleh nelayan Tradisional. Mengenai tindaklanjutnya, kata Jauhari, ia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kapolres.

“Jadi selanjutnya masalah penangkapan ini saya akan koordinasi dulu sama Kapolres untuk tindak lanjutnya seperti apa, apakah nanti akan ditangani oleh pihak Polda Bengkulu melalui Airut bisa juga DanLanal. Untuk sementara alat itu diamankan dulu disini. Dalam tahun ini saja sudah 2 kali untuk nelayan tradisional dari Bengkulu Utara dapatkan satu dan nelayan tradisional Bengkulu mendapatkan satu, jadi suda 2,” jelasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen