Logo

Musrenbang Rejang Lebong Fokus pada Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan

REJANG LEBONG – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten di Ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Senin (19/3/2018).

Acara ini dihadiri oleh Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Bupati Rejang Lebong, H A. Hijazi, SH, MSi, Ketua DPRD, M. Ali, ST dan Sekdakab, RA Denny, SH,MM. Lalu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Ir Zulkarnain, MT serta tamu undangan lainnya.

Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, SH, M.Si menjelaskan, acara ini adalah sebuah forum koordinasi antar pemangku kepentingan untuk satu tahun kedepan, sehingga pada akhirnya tersusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2019. Ia juga menjelaskan bahwa tujuan musrenbang kali ini adalah menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan nilai tambah ekonomi dikabupaten Rejang Lebong.

“Musrenbang kali ini kita fokus untuk menanggulangi kemiskinan, pelayanan kesehatan, nilai agama, dan pembangunan sistem pemerintah uang bersih,” ujar Hijazi.

Bupati juga berharap kepada Plt Gubernur Provinsi Bengkulu untuk membantu APBD Kabupaten Rejang Lebong serta mengkomodir sarana dan prasarana sekolah, mendukung event garden flower dan event bukit kaba.

“Kita juga tidak boleh mengandalkan APBD saja, dengan cara mencari sumber informasi untuk mendapatkan dana dari mana saja, seperti itulah di Jakarta dapat sumber dana dimana saja,” kata Bupati menghimbau kepada seluruh organisasi pemerintah daerah.

Sementara itu, Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa musrenbang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di tahun anggaran berjalan. Ia juga menyatakan bahwa saat ini Pemprov Bengkulu akan terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan di seluruh kabupaten/kota.

“Kita harapkan dengan adanya musrenbang ini dapat bermanfaat, mengefektifkan penyerapan aspirasi masyarakat, pemerintah, dan DPRD Rejang Lebong,” katanya.

Disisi yang sama, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Ir Zulkarnain, MT menjelaskan, dari usulan Musrenbang dari tingkat kecamatan dan Kabupaten Rejang Lebong dengan dasar visi dan misi pemerintah daerah yakni mewujudkan Kabupaten Rejang Lebong kota Religius,pendidikan dan kota wisata dan tiga bidang yang dibahas sesuai dengan kebutuhan masyarakat Rejang Lebong sehingga diharapkan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. (Prw)