Logo
Dempo Xler

Musrenbang Kabupaten Rejang Lebong Usulkan Anggaran Rp3,4 Triliun

Musrenbang Kabupaten Rejang Lebong Usulkan Anggaran Rp3,4 Triliun

REJANG LEBONG, bengkulunews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Senin (20/3/2017) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten dengan total anggaran senilai Rp3,4 miliar.

Tema Musrenbang kali ini meningkatkan sinergitas pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan kota pendidikan/religius. Merupakan lanjutan Musrenbang dari 15 kecamatan yang ada yang digelar pada 7-9 Februari 2017 lalu.

Bupati Rejang Lebong Dr. H.A. Hijazi SH.M.Si, mengatakan, bahwa Musrenbang ini fokus menyampaikan 3 bidang yang diusulkan yakni bidang sosial, bidang ekonomi dan pembangunan fisik sarana prasarana hasil musrenbang 15 kecamatan dengan total anggaran mencapi Rp 3,4 triliun

“Usulan tertinggi dibidang sosial dan pelayanan dasar senilai Rp 1,8 triliun, serta usulan inilah yang akan dibahas saat Musrenbang tingkat provinsi yang diagendakan minggu kedua bulan April mendatang dan selanjutnya akan dibahas di Musrenbang tingkat nasional,” ungkap Hijazi.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Ir Zulkarnain, MT menjelaskan, dari usulan Musrenbang dari tingkat kecamatan dan Kabupaten Rejang Lebong dengan dasar visi dan misi pemerintah daerah yakni mewujudkan Kabupaten Rejang Lebong kota Religius,pendidikan dan kota wisata dan tiga bidang yang dibahas sesuai dengan kebutuhan masyarakat Rejang Lebong sehingga diharapkan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Kita bahas, mudah-mudahan 3 bidang yang bahas ditingkatkan kabupaten dan akan diteruskan ke tingkat provinsi serta tingkat nasional nantinya mampu menyentuh pembangunan fisik dan non fisik hingga ke pelosok Rejang Lebong dan terima kasih kepada rekan tim dari Bappeda yang telah menyelesaikan Musrenbang tingkat kecamatan hingga Musrenbang kabupaten,” tutupnya.

Musrenbang Kabupaten Rejang Lebong ini dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD).(Advertorial)

 

BERIKUT USULAN MUSRENBANG KABUPATEN REJANG LEBONG :
1.BIDANG SOSIAL DAN PELAYANAN DASAR
– 134 PROGRAM
– 566 KEGIATAN
– DAU         RP.399 MILIAR
– APBD       RP.16,3 MILIAR
– DAK.         RP.-
– DEKON     RP.892 MILIAR
– TP              RP.541 MILIAR
TOTAL         RP.1,84 TRILIUN

2.BIDANG EKONOMI DAN DUNIA USAHA
– 108 PROGRAM
– 428 KEGIATAN
– DAU        RP.141 MILIAR
– APBD      RP.7,8 MILIAR
– DAK.        RP.117 MILIAR
– DEKON   RP.26,5 MILIAR
– TP.            RP.78,8 MILIAR
TOTAL       RP.371,7 MILIAR

3.BIDANG FISIK DAN PRASARANA
– 158 PROGRAM
– 652 KEGIATAN
– DAU         RP.542,4 MILIAR
– APBD       RP.217,1 MILIAR
– DAK          RP.275,6 MILIAR
– DEKON    RP.99 MILIAR
– TP             RP.119,9 MILIAR
TOTAL        RP.1,254 TRILIUN