Minuman Sehat Penurun Berat Badan

Halodoc

Beberapa dari kita pasti memimpikan berat bada ideal, dengan segala cara yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi bobot berat badan yang kita miliki, tetapi banyak dari kita memilih cara instan yang ternyata sangat berbahaya loh!

Cara yang aman dalam menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga yang rutin, juga makan-makanan yang bergizi, salah satu cara yang sehat dan menyenangkan adalah dengan meminum minuman yang sehat dengan bahan-bahan yang aman seperti buah dan juga herbal.

Mengutip dari laman Eat This, berikut minuman yang ampuh untuk menurunkan berat badan :

Smoothies

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan sambil menghindari tambahan gula berlebih adalah dengan smoothie.

Anda dapat membuatnya di rumah dan menambahkan buah, sayuran, selai kacang atau susu kacang favorit Anda, atau susu susu pilihan Anda.

Ini akan memberi Anda kemampuan untuk mengontrol bahan-bahan Anda, menurunkan konsumsi gula tambahan, dan tetap memuaskan hasrat manis Anda dengan buah.

Minuman bebas kalori

 

Untuk membakar lemak perut, ada baiknya Anda mengganti minuman yang dimaniskan dengan gula dengan minuman rendah atau nol kalori seperti air putih.

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda sehingga tubuh Anda dapat membakar lemak dengan lebih efisien.

Selain air, beberapa minuman bebas kalori terbaik adalah soda, air rasa buah, es teh tanpa pemanis, dan teh atau kopi panas tanpa pemanis.

Teh Hijau

Untuk minuman yang nyaman dan berenergi untuk membantu melelehkan lemak perut, mulailah menyesap teh hijau, yang mengandung kafein dan katekin yang merupakan senyawa tanaman bioaktif.

Kedua komponen utama ini berpeluang untuk membantu meningkatkan oksidasi lemak (kemampuan membakar lemak). Akan tetapi  meminum banyak teh hijau, bukan berarti akan menghilangkan lemak di perut anda. Namun, itu pasti bisa sedikit membantu.

Sebuah studi di Journal of Functional Foods menunjukkan bahwa orang yang minum teh hijau yang mengandung katekin dan kafein kehilangan sejumlah besar lemak visceral selama periode 12 minggu dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak minum teh. Untuk mendapatkan dosis katekin yang paling pekat dan  merekomendasikan bubuk teh hijau matcha.

Teh hitam tanpa pemanis

Jika Anda tidak menyukai rasa pahit teh hijau, Anda memiliki pilihan sehat lainnya: teh hitam. Kaya akan flavonoid alami, teh hitam disebut-sebut sebagai minuman penyehat jantung yang bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dan flavonoid yang sama itu mungkin memainkan peran yang bermanfaat dalam mengurangi lemak perut, saran penelitian.

Sebuah studi tahun 2014 di Food & Function membandingkan minum teh hitam dengan minuman berkafein lainnya dan menemukan bahwa peserta studi yang minum tiga cangkir teh hitam tanpa pemanis setiap hari selama tiga bulan kehilangan lebih banyak inci dari lingkar pinggang mereka daripada orang yang minum minuman lain.

Kopi

Minum minuman berkafein seperti kopi telah terbukti efektif dalam menekan nafsu makan pada beberapa orang, yang dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori dan dapat mengurangi lemak perut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa “kafein merangsang thermogenesis, yang pada dasarnya menyebabkan tubuh kita menghasilkan lebih banyak panas dan membakar kalori dan energi ekstra,” kata Dyckman melansir laman Eat This.

Seiring dengan kandungan kafeinnya, kopi juga dapat mendukung kesehatan usus, yang berperan penting dalam metabolisme.

“Komposisi dan kesehatan mikrobioma usus kita benar-benar dapat memengaruhi metabolisme kita,” kata Dyckman.

Itu sebabnya ahli diet merekomendasikan pola makan nabati yang menggabungkan banyak serat dan makanan fermentasi, yang mendukung bakteri usus yang sehat.

Kopi tampaknya juga terkait dengan usus yang sehat, karena penelitian telah menunjukkan bahwa konsumen kafein tinggi cenderung memiliki tingkat bakteri sehat tertentu yang tinggi dan tingkat mikroba berbahaya yang rendah.

Baca Juga
Tinggalkan komen