Logo
Dempo Xler

Masyarakat Bengkulu Antusias Menyaksikan Pembuangan Tabut 2023

Masyarakat Bengkulu Antusias Menyaksikan Pembuangan Tabut 2023

BENGKULU – Pada hari ke sepuluh yakni tanggal 10 Muharram, merupakan momen dibuangnya tabut. Masyarakat berbondong-bondong untuk menyaksikan pembuangan tabut, sekaligus mengikuti arak-arak.

Salah satu masyarakat Kelurahan Sawah Lebar, Via menuturkan antusias untuk menyaksikan pembuangan tabut 2023. Menurutnya Festival Tabut tahun ini sangat ramai dari tahun sebelumnya. Dikarenakan pada tahun sebelumnya bazar dan pameran tabut dibuat terpisah, sehingga masyarakat harus mundar mandir jika ingin mengunjungi kedua acara tersebut.

“Sangat ramai ya jadi kita senang, kalau tahun lalu bazar itu pisah sama pameran tabut. Kalau sekarangkan di satuin, jadi ramai dan lebih hidup,” kata Via saat diwawancarai Bengkulunews.co.id Jumat (28/7/23) siang.

Ia juga mengaku menyempatkan diri untuk melihat pembuangan tabut pada hari terakhir. Via berharap tahun selanjutnya tabut terus ramai oleh pengunjung dan pihak keamanan dapat menertibkan kembali jalanan, agar tidak menimbulkan kemacetan.

“Ini juga pertama di tahun ini saya menyempatkan diri untuk ke festival tabut, karena sibuk kerja. Jadi harapannya ke depan semakin ramai ya, kemudian kepada pihak terkait untuk di tata aja lagi kendaraan. Biar tidak terlalu macet,” demikian Via.