Logo

Mahasiswa IAIN Sabet Gelar Putera Indonesia 2018

KOTA BENGKULU – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Koko Wiranata berhasil meraih gelar sebagai Putera Indonesia 2018 di CGV Starium 23 Paskal Bandung, Minggu (12/05/2018). Mahasiswa semester 6 Jurusan Tarbiyah ini berhasil menyingkirkan 16 peserta lainnya yang berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

“Koko berhasil menyabet 3 gelar, yakni Putera Indonesia 2018, Putera Indonesia Mindful (intelgensia) 2018 dan Putera Indonesia Fashion Lifestyle 2018,” ungkap Staff Official Putera Indonesia, Wemmy Santosa, Selasa (15/5/2018).

Dalam ajang tersebut, Koko berhasil mengungguli andalan DKI Jakarta Wrendi Agil yang ditempatkan diposisi runner up 1, serta wakil dari Sumatera Selatan, Ricky Shandy Setiawan yang didapuk sebagai runner Up 2.

Sebelum penilaian, Koko bersama kontestan lain melalui masa karantina yang dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 13 Mei 2018 di Bandung. Kegiatan karantina ini dibagi menjadi dua jenis yakni indoor dan outdoor.

“Untuk indoor ada kelas berupa materi tentang konservasi satwa liar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, materi leadership menjadi pribadi yang positif, serta materi public speaking. Sementara, untuk outdoor peserta mengikuti kegiatan di Camping Ground, Situ Celeunca,” kata Wemmy.

Atas keberhasilan ini, Koko akan mewakili Indonesia di ajang Man of The Years 2018 yang akan digelar di Bangkok, Thailand sekitar bulan Agustus 2018 mendatang.

Agenda lainnya, ia akan beraktifitas bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Taman Nasional Tessonilo, Riau, Taman Nasional Tanjung Putting, Kalteng, Taman Nasional Bunaken, Sulut, serta menghadiri Festival Taman Nasional Indonesia 2018 di Yogyakarta.

“Koko juga akan mengikuti kegiatan Founder Putera Indonesia, Bapak Raymond Djambek, ke beberapa negara seperti, Malaysia, Thailand, Philipina dan Myanmar. Kegiatan ini untuk menginspirasi pemuda di bidang konservasi satwa liar, lingkungan hidup dan kehutanan,” kata Wemmy.

Terpisah, keberhasilan salah satu mahasiswa Bengkulu ini mendapat apresiasi dari PLT Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Dikatakan Rohidin, pemerintah Provinsi Bengkulu akan selalu mensuport prestasi yang diraih.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan selamat untuk ananda, ini sebuah prestasi yang membanggakan khususnya untuk provinsi Bengkulu,” ucap Rohidin.