Logo
Dempo Xler

Lima Tradisi yang Dilakukan Menjelang Nyepi

Salah satu Pura di Bengkulu saat perayaan Nyepi, Kamis (3/3/2022). Foto, Cindy/BN

Salah satu Pura di Bengkulu saat perayaan Nyepi, Kamis (3/3/2022). Foto, Cindy/BN

Hallo Viewers Selamat Hari Raya Nyepi ya buat yang merayakan, wah wah ngomong-ngomong soal Nyepi mimin jadi penasaran banget ya tradisi apa aja si yang dilakukan saat Nyepi. Pastinya Viewers juga penasaran dong, langsung aja tanpa berlama-lama kita ubek tradisi saat Nyepi.

1. Upacara Melasti

Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan Viewers dan dilakukan selama 3 hari , Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau, dan laut dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta). Selain melakukan persembahyangan, upacara Melasti juga adalah pembersihan dan penyucian benda sakral milik pura (pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya).Nah Viewers benda-benda tersebut diarak dan diusung mengelilingi desa. Hal ini dimaksudkan untuk menyucikan desa. Di Upacara ini masyarakat membentuk Kelompok menuju sumber-sumber air seperti danau dan laut, kelompok yang dibentuk dikumpulkan dari asal wilayah atau desa yang sama dan untuk para umat mengenakan baju putih. Para pemangku berkeliling dan memercikan air suci kepada seluruh warga yang datang serta perangkat-perangkat peribadatan dan menebarkan asap dupa sebagai wujud mensucian. Pelaksaaan upacara Melasti dilengkapi dengan berbagai sesajian sebagai simbol Trimurti, 3 dewa dalam Agama Hindu, yaitu Wisnu, Siwa, dan Brahma, serta Jumpana, singgasana Dewa Brahma.

2.Bhatara Nyejer

Nah setelah proses Melasti para Umat Hindu berdoa di Pura atau Bale Agung di masing-masing kawasan.

3. Tawur Agung Kesanga

Tawur Agung Kesanga merupakan upacara yang digelar umat Hindu sehari menjelang perayaan Nyepi ya Viewers, Upacara yang dilaksanakan ini dilakukan menurut ajaranTri Hita Karana yaitu menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen yaitu manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta. Nah dalam tradisi ini para umat mempersembahkan kurban ya Viewers dan berakhir disore hari.

4. Ngerupuk

Setelah Tawur Agung Kesana selanjutnya adalah Ngerupuk. Apa itu upacara ngerupuk? Sama dengan Bhatara Nyejer dalam upacara Ngerupuk masyarakat wajib melakukan persembahan kepada Bhuta Kala, dengan tujuan mengusir Bhuta Kala agar tidak menggangu kehidupan manusia saat sedang melakukan brata penyepian.

5. Nyepi

Nah inilah titik puncak dari upacara-upacara yang dilakukan sebelum hari Nyepi, dimana para Umat menjalankan 4 pantangan yang tidak boleh dilakukan pada hari Nyepi. Pada hari Nyepi umat Hindu melaksanakan “Catur Brata” Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Itu berarti semua kegiatan dihentikan dan sebagai sarana untuk menyucikan desa dari segala marabahaya. Tak hanya desa saja, namun juga setiap individu diharapkan hadir kembali dengan jiwa yang suci. Tujuan berikutnya adalah terciptanya toleransi antar-umat manusia tanpa memandang perbedaan yang ada loh Viewers.

Nah prosesi Catur Brata Penyepian akan diawasi secara ketat oleh petugas keamanan desa adat (pecalang) di bawah koordinasi prajuru atau pengurus desa adat setempat.

Itu dia Viewers 5 tradisi yang dilakukan menjelang hari raya Nyepi dan saat Nyepi, tentunya kita sebagai masyarakat harus saling menghargai teman-teman kita yang sedang melaksanakan ibadah tersebut dengan cara tidak mengganggu mereka saat sedang melakukan Nyepi dan menjaga lingkungan sekitar untuk tidak terlalu berisik sehingga teman-teman kita dapat melakukan ibadahnya dengan tenang. Oke kalau gitu mimin pamit undur diri ya Viewers sekali lagi mimin beserta keluarga besar Bengkulunews.co.id mengucapkan selamat hari Nyepi untuk teman-teman yang merayakan semoga damai dan suka cita menyertai kita selalu amin. Bye-bye Viewers.