Logo

Karang Taruna akan Dilibatkan Kelola Potensi Wisata

REJANG LEBONG- Untuk kedepannya, dalam pemanfaatan dan perkembangan wisata, Karang Taruna harus ikut terlibat aktif di wilayahnya.

Untuk itu, Karang Taruna di wilayah masing-masing harus meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan pemikiran untuk pengembangan potensi wisata di wilayahnya jangan hanya menjadi penonton saja.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Dr.H.Iskandar ZO sangat berharap kelompok Karang Taruna turut aktif dalam pembangunan yang ada di wilayahnya dan tidak menjadi penonton saja.

Iskandar mengaku, bahwa organisasi Karang Taruna ini zaman keemasannya pada pemerintah Orde Baru.

Pada waktu tersebut, Karang Taruna betul betul mendapatkan perhatian dari pemerintah sehingga keberadaan karang taruna tersebut menjadi icon generasi muda.

Seiring berjalannya waktu, Karang Taruna semakin redup dan tunduk padahal dalam sejarahnya karang taruna ikut berkontribusi besar dalam pembangunan.

“Kita berharap karang taruna yang ada tidak menjadi penonton saja tetapi ikut action juga,” ujar Iskandar.

Sementara itu, iskandar menjelaskan untuk pendanaannya, bisa dikeluarkan dari Dana Desa yang sudah diatur dalam peraturan kementrian desa yang ada di 30 persen dana desa non-fisik.

Tetapi untuk itu, Karang Taruna wajib mempunyai SK yang dikeluarkan dari kepala desa masing masing wilayah dan meminta kepala dinas sosial untuk melantik kepengurusannya.

Dengan keluarnya SK tersebut dan pendanaannya bisa dikeluarkan dari dana desa, itu berguna untuk menghidupkan api semangat dari generasi muda dalam ikut serta dalam pembangunan.

Disisi yang sama, Kadis Sosial Rejang Lebong, Zulfan Efendi menyatakan, bahwa saat ini Karang Taruna belum memiliki kesadaran yang cukup tinggi dalam niatan membangun dan menjalankan program program yang ada di wilayahnya.

Seperti halnya waterboom yang ada di Kecamatan Curup Timur, jelasnya lagi, ini merupakan program Karang Taruna.

Namun program tersebut tidak berjalan lagi karena kesadaran anggota Karang Taruna tentang pentingnya program pariwisata yang juga akan memberikan dampak baik terhadap pemasukan daerah.

“Ya saya sangat berharap kepada Karang Taruna agar memiliki kesadaran yang tinggi tentang program di daerahnya,” pungkas Zulfan.