Helmi Siap wujudkan Bengkulu Kota Inklusif

JAKARTA, bengkulunews.co.jd – Walikota Bengkulu Helmi Hasan, mengaku siap mewujudkan kota Bengkulu menjadi salah satu Kota Inklusif di Indonesia. Hal ini disampaikan Helmi, setelah kota Bengkulu masuk kedalam daftar salah satu kota yang menandatangani Piagam Jaringan Walikota Indonesia Menuju Kota Inklusif, yang digelar di Hotel Le Meridien Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Dalam Kegiatan yang diprakarsai oleh APEKSI bekerjasama dengan UNESCO, ILO dan WHO ini, Helmi menyatakan serius untk membawa kota Bengkulu menjadi kota yang lebih nyaman bagi siapapun.

“Kita akan komitmen dan serius untuk mewujudkan Kota Bengkulu bisa menjadi kota inklusif,” singkatnya.

Selain Kota Bengkulu, 13 kota lain se-Indonesia juga turut menandatangani piagam tersebut. Yakni, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Kota Mojokerto, Kota Ambon, Kota Bengkulu, Kota Surakarta, Kota Kupang, Kota Jambi, Kota Jakarta Pusat, Kota Banda Aceh, Kota Jogjakarta, Kota Denpasar dan Kota Tangerang Selatan.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan, salah satu indikator suatu kota dapat dikatakan inklusif adalah kota tersebut nyaman dihuni dan ditempati oleh semua kelompok, tanpa melihat umur dan gender. Bahkan untuk penyandang disabilitas.

“Aksesibilitas untuk penyandang disabilitas menjadi poin paling penting dalam perwujudan kota inklusif,” kata dia, saat membuka acara tersebut.

Guna mewujudkan hal tersebut, lanjut Bambang, pemerintah daerah perlu mewujudkan menyiapkan fasilitas publik yang memadai. Apabila terkendala anggaran, sambungnya, pemerintah daerah dapat menggunakan alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat.

Baca Juga