Logo
Dempo Xler

Dinkes Targetkan Bentuk Kader Jumantik di Kelurahan

Dinkes Targetkan Bentuk Kader Jumantik di Kelurahan

Herwan Antoni

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Guna menurunkan angka penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bengkulu, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu melakukan pemantauan rutin ke setiap kecamatan dalam kota.

Ini bertujuan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat dan membentuk kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) satu orang di setiap rumah.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Herwan Antoni, bahwa angka penderita DBD di Kota Bengkulu terbilang tinggi. Pada tahun 2016 jumlahnya mencapai 840 kasus.

“Target kita menurunkan angka penderita DBD, teknisnya sosialisasi dan pemasangan stiker di setiap rumah. Kita berharap nantinya memiliki kader Jumantik di setiap kelurahan,” kata Herwan Antoni, Sabtu (11/2/2017).

Dia berharap, dengan adanya program ini para kader Jumantik dapat melakukan pemantauan sendiri di tempat yang berpotensi mengandung jentik nyamuk.

Dari 8 kecamatan, Dinkes telah merealisasikan program ini di 3 kecamatan berbeda. Diantaranya, Kecamatan Gading Cempaka, Kecamatan Selebar dan Kecamatan Muara Bangkahulu. Kegiatan dilakukan setiap satu minggu sekali tepatnya pada hari Jumat hingga menyeluruh di 33 kelurahan.