Walikota Bawa Pehargaan Swasti Saba Wistara dari Program JSPS

Wali Kota
Wali Kota Helmi Hasan didampingi Kadis Kesehatan melihatkan pengargaan yang diterima dari Kemenkes RI saat di Bandara Fatmawati Bengkulu, Kamis (30/11/2017).

Bengkulu – Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan membawa pulang penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI, Kamis (30/11/2017).

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang diterima kota Bengkulu dalam bidang kesehatan. Sebelumnya, kota Bengkulu juga sempat menerima penghargaan serupa yakni Swasti Saba Padapa tahun 2013 dan Swasti Saba Wiwerda tahun 2015.

Dikatakan Helmi, salah satu indikator yang menempatkan kota Bengkulu sebagai salah satu kota yang layak menerima penghargaan ini di Indonesia, yakni  program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS). Program ini merupakan program non APBD yang telah berlangsung semenjak kepemimpinan Helmi Hasan.

“Salah satu program yang mendapat perhatian itu ialah JSPS, karena Kementerian Kesehatan kaget JSPS ini non APBD tapi masyarakat kita begitu peduli untuk membantu sesamanya,” ucap Helmi usai tiba di Bandara Fatmawati Kota Bengkulu.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI di ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Selasa (28/11/2017) lalu.

Selain JSPS, terdapat tujuh tatanan yang dijadikan penilaian, yakni Pemukiman Sehat, Perkantoran Sehat, Industri Sehat, Pariwisata Sehat, Ketahanan Pangan, Masyarakat sehat serta Tatanan Kehidupan Sosial yang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawati menyampaikan, penghargaan tertinggi yang diterima kota Bengkulu ini akan tetap dipertahankan. Sebab, posisi kota Bengkulu dalam bidang kesehatan saat ini sejajar dengan kota-kota besar di Indonesia, seperti Bandung dan Bogor.

“Setelah ini kita harus mempertahankannya, Alhamdulillah kita sudah sejajar dengan kota-kota Besar di Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga