Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Unib jadi Universitas Pertama Indonesia yang Terakreditasi Internasional ACQUIN

BENGKULU – Universitas Bengkulu (UNIB) menjadi institusi perguruan tinggi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah mengantongi akreditas internasional dari lembaga The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute (ACQUIN).

ACQUIN sediri adalah asosiasi terdaftar pada EQAR (European Quality Assurance Register for Higher Education). Lembaga ini berkantor pusat di Bayreuth – Jerman.

EQAR merupakan lembaga akreditasi, sertifikasi, dan penjaminan mutu bertaraf internasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 83/P/2020 Tanggal 24 Januari 2020.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, menjelaskan akreditasi ACQUIN dilakukan sejak 2022 yang terbagi menjadi dua macam, pertama akreditasi terhadap program studi strata satu (S1) dan program studi pascasarjana (S2 dan S3), dan kedua akreditasi terhadap institusi perguruan tinggi, UNIB.

“Persiapan proses akreditasi internasional oleh ACQUIN di Universitas Bengkulu ini dimulai sejak tahun 2021, yang mana puncaknya itu dilakukan pada bulan November 2022,” kata Retno.

Setelah melalui proses dan berbagai tahapan panjang, akhirnya lembaga akreditasi internasional ACQUIN menerbitkan sertifikat dengan keterangan status “Terakreditasi” bagi 69 Program Studi di Universitas Bengkulu, termasuk Institusi Universitas Bengkulu.

“Ke 69 Sertifikat Akreditasi Internasional ACQUIN ini diberikan kepada seluruh Program Studi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2/Magister dan S3/Doktor) yang ada di 8 (delapan) fakultas selingkung Universitas Bengkulu,” jelasnya.

Selanjutnya dikatakan Retno, dengan terbitnya 69 sertifikat akreditasi ACQUIN itu maka secara institusional UNIB bisa disebut sebagai pelopor akreditasi ACQUIN di Indonesia, pasalnya, UNIB menjadi universitas pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini yang memiliki sertifikat ACQUIN.

“Program Studi Terakreditasi Internasional bagi program studi yang menerima sertifikat ini akan berlaku selama maksimal 6 (enam) tahun,”tambahnya.

Penyerahan sertifikat kepada seluruh program studi dilakukan oleh Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputi, S.E, M.Sc, didampingi para Wakil Rektor dan Ketua Senat Universitas Bengkulu, di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB Tanggal 11 Desember 2023.

Baca Juga
Tinggalkan komen