Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

TNI Bersihkan Aliran Sungai di Tengah Kota Bengkulu

BENGKULU – Memperingati hari jadi ke 78 Kodam II Sriwijaya, Kodim 0407 Kota Bengkulu melalukan kegiatan bakti sosial membersihkan aliran bantaran sungai dan penanaman 150 pohon di sepanjang aliran sungai kawasan Kelurahan Sukamerindu, Jumat (08/12/2023).

Sampah-sampah yang menumpuk berhasil dikeruk dan dibuang ke daratan menggunakan escavator, dan melakukan pengerukan sedimentasi dan membersihkan badan sungai.

Komandan Kodim 0407 Kota Bengkulu kol Kav Widodo Pujiyanto menuturkan, pembersihan sungai ini bukan semata-mata aksi rutin, melainkan strategi antisipasi menghadapi potensi banjir saat musim hujan.

“Kami kodim 0407 Kota Bengkulu melakukan bersih-bersih sungai dan penanaman pohon untuk mencegah erosi dan abrasi dan tidak menimbulkan adanya bawah penyakit ,” katanya

Widodo mengatakan dengan adanya penanaman pohon di sepanjang aliran sungai upaya TNI dalam mencegah masyarakat membuang sampah di aliran sungai, pasalnya jika lokasi di bibir sungai tertata dengan rapi masyarakat akan segan membuang sampah sembarangan.

“Dengan adanya penanaman pohon ini maka sungai ini akan menjadi indah dan menjadi lokasi rekreasi oleh masyarakat Bengkulu,” jelasnya.

Selain Komandan Kodim 0407, Acara ini dihadiri oleh Pj Walikota Arif Gunadi,Kapolres Kota Bengkulu Kombes pol Aris Sulistyono, Brimob, Warga, mahasiswa dan stekholder lainnya.

Pj Walikota Arif Gunadi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0407 kota Bengkulu, karena pelaksanaan bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Ia mengatakan pemda kota Bengkulu siap berkolaborasi dengan instansi untuk membangun kota Bengkulu menjadi Kota yang lebih baik.

“Kami pemkot mengucapkan terimakasih kepada kodim 0407, insyaAllah kegiatan ini pemkot akan menindaklanjuti dan melakukan kebersihan secara berkala,” jelasnya.

Arif mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan LPM bekerjasama dalam pembuangan sampah.

“Saya berharap masyarakat jangan lagi membuang sampah sembarangan, manfaatkanlah LPM dalam pembuangan sampah di rumah,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen