Bengkulu News #KitoNian

Tahura akan Disulap Jadi Kebun Binatang

BENGKULU – Bupati Bengkulu Tengah, Ferry Ramli berencana menyulap Taman Hutan Raya (TAHURA) Rajolelo menjadi kebun binatang. Hal ini disampaikan Ferry saat serah terima lahan dan aset Tahura di Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (26/2/2018).

“Insyaallah, kami akan membangun kebun binatang di dalam hutan Tahura Rajolelo nanti,” tutur Ferry.

Ditambahkan Ferry, kehadiran kebun binatang nantinya akan dikelola secara optimal. Ia berharap, kebun binatang juga dapat dijadikan tempat penelitian bagi mahasiswa.

“Semoga nanti Tahura ini dapat kami kelola dengan baik, sehingga kedepannya nanti bisa dijadikan tempat pariwisata dan tempat penelitian mahasiswa,” lanjutnya.

Tahura sebelumnya dimiliki dan dikelola oleh pemerintah Provinsi Bengkulu. Aset Tahura meliputi Peralatan Mesin, Gedung Bangunan serta Jalan/Irigasi mencapai 2,5 milyar dan Lahan Seluas 1.122 ha, berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 21/Kpts/VI/1998, 7 Januari 1998.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, saat ini aset Tahura resmi dimiliki dan dikelola oleh Pemerintah Bengkulu Tengah.

”Aset dan lahan TAHURA telah diserahkan sepenuhnya, jadi perlu dijaga dan dipastikan luas lahannya. Agar kedepan tidak ada lagi konflik dengan masyarakat, jika perlu dibuat papan merknya pada setiap perbatasan agar jelas,” ujar Rohidin.

Ia menambahkan, pemanfaatan yang lebih Produktif perlu dilakukan, sebab Tahura letaknya strategis, alam yang luas, subur dan masih asri sehingga dapat menjadi lokasi liburan bagi masyarakat.

”Pemanfaatan Hutan Raya menjadi Kebun Binatang atau Taman Kebun Wisata saya kira menarik, agar masyarakat dapat merasakan dan menikmati,” imbuh Rohidin.

Baca Juga
Tinggalkan komen