Logo
Dempo Xler

Swasembada Daging, Tingkatkan Program Kawin Suntik

Swasembada Daging, Tingkatkan Program Kawin Suntik

REJANG LEBONG, bengkulunews.co.id – Dalam rangka meningkatkan swasembada daging dan meningkatnya kebutuhan daging di pasaran Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong berusaha terus meningkatkan program kawin suntik atau yang lazim disebut Inseminasi Buatan (IB) baik untuk kerbau, sapi, maupun kambing di 15 kecamatan ditambah lagi dengan bantuan bibit ternak ke kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Kabupaten Rejang Lebong, Akhmad Rifai SP, Senin (20/3/2017) menyampaikan tahun 2017 ini program peningkatan populasi ternak di Kabupaten Rejang Lebong terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan daging di pasaran tanpa harus membeli hewan ternak dari daerah lain.

“Diantaranya dengan program IB yang sudah mulai menyentuh seluruh peternak yang ada di Kabupaten Rejang Lebong serta bantuan hewan ternak yang akan diberikan kepada kelompok tani tahun 2017 ini” ungkap Rifai.

Ia menjelaskan, bantuan bibit ternak sapi, kambing kepada kelompok tani saat ini dalam proses penyeleksian kelompok yang tani yang akan diberikan bantuan.

Jika tahun 2016 lalu mendapatkan bantuan bibit ternak, tahun 2017 ini akan dibagikan bantuan bibit ternak kelompok tani yang belum menerima bantuan di beberapa kecamatan yang ada.

“Untuk mendapatkan bibit ternak gratis memiliki persyaratan yang wajib dipenuhi seperti kelompok tani sudah terdaftar di Dinas Pertanian dan Perikanan,” jelas Rifai.

Baca Juga: Rejang Lebong Siap Tambah Populasi Ternak