Logo

Soal Tapal Batas, Ini Langkah Pemerintah Seluma


SELUMA, bengkulunews.co.id – Bupati Seluma direncanakan akan memimpin langsung verifikasi lapangan Tapal Batas (Tabat) antara Kabupaten Seluma dengan Bengkulu Selatan, pada Senin (8/5/2017).

Kedatangan bupati merupakan salah satu bentuk keseriusan daerah, dalam menyelesaikan batas wilayah. Selain itu, hal tersebut juga untuk mempertahankan batas daerah agar tidak bergeser berkurang sedikitpun.

”Walaupun nantinya bupati hanya meninjau beberapa titik saja, tidak semua karena jalurnya sangat sulit,” kata Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan, Setda Kabupaten Seluma, Nopian Elmanto, Jumat (5/5/2017).

Ia mengatakan, pada kesempatan itu dijadwalkan tim verifikasi dari Biro Pemerintahan, Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai kepanjangan tangan dari Mendagri juga akan turun kelapangan, bersama tim dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dimana, terang dia, saat dilapangan nantinya mereka akan meninjau langsung titik koordinat 8 sampai 17, atau mulai dari pinggir Pantai Maras hingga ditarik garis lurus kearah barat, dan diperkirakan akan memakan waktu seminggu.

”Tiap titik koordinat akan dibahas, apakah memiliki kesesuaian dengan dokumen masing-masing daerah. Bila setuju atau tidak tetap akan dibuatkan berita acara, sebagai bahan Kemendagri untuk penentuan batas wilayah,” jelas dia.

”Bupati juga akan didampingi Sekretaris Daerah, Asisten I, para kepala dinas dan Camat serta kepala desa diperbatasan,” tutup Nopian.