Sepuluh Ribu Bibit Jengkol Akan Dibagikan Gratis

Kadis Pertanian Kabupaten Seluma, Marahalim. Foto : Dedi
Kadis Pertanian Kabupaten Seluma, Marahalim. Foto : Dedi

SELUMA – 10 ribu bibit jengkol bantuan dari BPTP Provinsi Bengkulu akan dibagikan gratis untuk petani di Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara. Bibit jengkol tersebut merupakan varietes lokal yaitu ”Jering Jemo Kito dan Seijoan” yang telah dikenal sebagai tanaman yang tinggi produksi dan tahan terhadap penyakit.

”Sebenarnya sepuluh ribu bibit itu untuk petani di Kabupaten Seluma dan Bengkulu Utara, tetapi belum diketahui alokasi masing-masing daerah,” kata Kadis Pertanian Kabupaten Seluma, Marahalim, Jumat (19/1/2018).

Bibit tersebut akan dibagikan gratis pada warga, melalui kelompok tani. Dengan bibit ini, Dinas Pertanian Seluma berharap produksi Jengkol di Kabupaten Seluma bisa meningkat sehingga memberi keuntungan di sektor ekonomi.

Sebab, selain mudah ditanam, Jengkol juga dikenal rajin berbuah dan tidak mengenal musim. Biasanya dalam satu tahun, Jengkol bisa panen raya sebanyak dua kali.

Bagi masyarakat Bengkulu komuditas Jengkol diminanti warga, bahkan menjadi salah satu penyumbang angka inflasi.

”Jika sedang tinggi, terkadang harganya menyamai daging. Bagi yang minat silahkan mengajukan proposal ke dinas,” tutup Marahalim.

Baca Juga
Tinggalkan komen