Sejumlah Pohon di Jalan Protokol Bengkulu Rawan Tumbang

Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Bengkulu, Irwansyah
Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Bengkulu, Irwansyah

Bengkulu – Hujan deras yang melanda Kota Bengkulu dalam sepekan bahkan diprediksi masih berlanjut beberapa hari ke depan membuat Dinas Lingkungan Hidup Kota ketar-ketir. Pasalnya, beberapa pohon sepanjang jalan protokol rawan tumbang sehingga mengancam keselamatan pengendara yang melintasi jalur itu.

“Kondisi pohon yang mengkhawatirkan itu, dari simpang Padang Harapan, hingga Pintu Batu tepatnya di depan Univeraitaa Hazairin,” kata Irwan, Kamis (30/11/2017)

Irwan mengatakan kekhawatiran itu disebabkan selain kondisi pohon yang sudah tua juga ada pohon yang bagian bawah atau akarnya dibakar oleh oknum yang nakal. Sehingga kekokohannya meragukan.

“Seperti di depan Unihaz, itu ada pohon tua yang kondisinya sudah dikasih seng karena dibakar, itu akibatnya bisa fatal” tegas irwan.

Selain jalan pusat kota, lanjut Irwan, pohon di kawasan Pantai Panjang juga termasuk rawan tumbang. Sebab kontur tanahnya berupa pasir. Terlebih beberapa hari kemarin sudah ada tiga pohon yang tumbang.

Sejauh ini, kata dia, pihak DLH sudah melakukan peringanan beban, dan pemangkasan pohon yang rantingnya dianggap membahayakan. Namun pekerjaan tersebut belum tuntas karena terhambat oleh jumlah personil dan waktu.

“Kita sudah melakukan peringanan beban, tetapi belum sepenuh nya selesai, karena terbatas oleh jumlah personil dan waktu,” ujarnya.

Baca Juga