Logo

Program PDAM Gratis Terlambat, Ini Alasan PDAM

Sobirin Hasan

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Direktur Utama PDAM Kota Bengkulu, Sobirin Hasan mengatakan, terlambatnya realisasi program PDAM gratis untuk warga tidak mampu dikarenakan anggaran yang diperlukan belum dicairkan. Namun, Sobirin menegaskan, hal tersebut bukan kewenangan PDAM.

“Untuk penyertaan modal itu kami tidak mampu memberi penjelasan. Karena ketersediaan dana itu berada di pemkot,” ujar Sobirin saat hearing bersama DPRD Kota Bengkulu, Rabu (2/8/2017).

Dihadapan anggota Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Sobirin menjelaskan, ada beberapa prosedur yang belum dilengkapi oleh bagian ekonomi setda kota. Ditambah lagi hasil analisis dari penasihat investasi yang diputuskan oleh Wali Kota Bengkulu belum ada.

“Harus ada ketentuan yang kita ikuti, sesuai permendagri no 52, untuk dilaksanakan harus ada penasehat investasi yang ditentukan oleh Wali Kota, tapi itu belum ada,” ungkapnya.

Sobirin menambahkan, akibat dari hal tersebut, program yang dasar hukumnya telah lama disahkan ini terpaksa sedikit terlambat. Namun, setelah dicecar oleh beberapa pertanyaan oleh Dewan, Sobirin pun berjanji, pemasangan ledeng gratis yang menelan anggaran 5.5 miliar ini akan segera dimulai. Dirinya menjamin, pemasangan akan tuntas hingga ahir september mendatang.

“Targetnya sampai ahir september, mudah-mudahan sudah selesai,” tutupnya.

Baca jugaSebanyak 2.124 PDAM Gratis Belum Terpasang