Logo

Guru di Bengkulu Belum Dapat TPG, Ini Penjelasanya

BENGKULU – Tunjangan Profesi Guru belum sampai ke kas daerah dan artinya belum disalurkan ke guru-guru yang ada di Kota Bengkulu.

Kepala Bidang PTK Dikbud Kota Bengkulu H.Zainal mengatakan sampai sekarang TPH untuk Se- kota Bengkulu per triwulan satu belum ada.

Secara hitungan memang akan turun pada April 2024 untuk pertriwulan 1 pada kas daaerah, dan bersaman juga dengan SK nya.

“Untuk saat ini belum turun untuk TPG khusus kota Bengkulu, secara hitungan memang bulan ini, ” jelas Zainal.

Anggaran pertahun untuk TPG khusus kota Bengkulu sebesar Rp.80 miliar, per satu semester yang akan dibagikan sebesar Rp.20 Miliar.

“Pertahun TPG itu Rp 8 miliar yang akan dibagi pertriwulan nantinya,” terang Zainal.

Jumlah penerima TPG sebanyak 1.216 guru dan guru tersebut harus sudah sertifikasi semua atau yang sudah lulus UKG. Kemudian untuk yang belum terdaftar sebanyak 188 orang.

“Jumlah yang akan mendapakan TPG sebanyak 1.216 namun akan kita pantau nantinya, dan menurut data ada juga yang belum dapat UKG yaitu 188 guru,” ungkapnya.

Untuk syarat mendapatkan TPG adalah guru yang sudah UKG dan dibuktikan dengan sertifikat guru atau disebut dengan sertifikasi.

“Dan yang dapat TPG itu tidak setiap guru melainkan guru yang sudah sertifikasi saja,” jelas Zainal.

Namun yang mengusulkan untuk UKG dan mendapat sertifikasi bukanlah dari pihak Dikbud melainkan oprator sekolah yang menaikan data ke dapodik. Dari data tersebut Kemendikbud memverifikasi selanjutnya data ditransfer ke Menkeu.

“Untuk pengusulan guru untuk ke ukg pihak sekolah dengan operator sekolah mengusulkan untuk masuk dapodik dan Dikbud mengappruval. Hingga Kemendikbud memverifikasi dan selanjutkan di berikan pada Menkeu,” tutup Zainal.