Logo

Seleksi Paskibraka Provinsi Bengkulu Tahun 2024 Dibuka

BENGKULU – Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024 telah dibuka secara resmi, di salah satu Hotel Kawasan Pantai Panjang Bengkulu, Minggu (19/5)

Seleksi Paskibraka tingkat provinsi ini diikuti 95 peserta dari bebagai SMA/SMK yang merupakan hasil seleksi pada tingkat kabupaten/kota se- Provinsi Bengkulu.

Ada beberapa pesan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk para peserta seleksi Paskibraka tingkat provinsi melalui Asisten I Khairil Anwar. Di mana, peserta seleksi Paskibraka ini akan mengemban tugas yang amat penting yaitu, mengibarkan Bendera Pusaka pada upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024 nanti.

Untuk itu, Gubernur Rohidin berpesan agar dapat mengikuti tahapan seleksi dengan baik dan penuh percaya diri karena program Paskibraka adalah program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Saya yakin kalian bercita-cita menjadi yang terbaik. Untuk menjadi manusia yang sukses, maka jadikanlah proses seleksi ini sebagai bagian proses meraih cita-cita kalian,” pesan Gubenur Rohidin, yang disampaikan Asisten I Khairil Anwar, saat membuka secara resmi Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024.

Gubernur Rohidin menegaskan para peserta seleksi Paskibraka tingkat provinsi merupakan putra putri terbaik yang dikirim daerah masing-masing, yang tentunya beragam segi agama, suku etnis daerah dan sejumlah indentitas yang melekat pada masing-masing peserta.

“Oleh sebab itu, saya berharap kalian saling menghargai, kompak, setia dan saling menghormati,” ingat Gubernur Rohidin kepada peserta seleksi Paskibraka.

Selain itu, kata Gubernur Rohidin, para peserta harus bangga sebagai putra putri terpilih yang akan menjadi pasukan pengibar bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 ini.

“Di mana yang tidak terpilih ke nasional akan bertugas di provinsi, yang tidak terpilih di tingkat provinsi pastinya akan bertugas di kabupaten/kota masing-masing,” jelas gubernur.

“Pesan saya, apa yang telah kalian jalani sekarang ini, tetap bersatu, bersama-sama dan kompak dalam mengemban tugas pada 17 Agustus nanti. Rajutlah kasih sayang, persaudaraan dan persahabatan,” sebut Khairil Anwar mengakhiri pesan Gubernur Rohidin.

Merujuk laporan panitia penyelanggara dari Badan Kesbangpol Provinsi Bengkulu, seleksi Paskibraka tingkat provinsi akan mengikuti beberapa tahapan selama 5 hari (20-24/5/2024).

“Adapun tahapan seleksi yang akan mereka jalani yaitu, seleksi Pancasila, kesehatan dan parade, Peraturan Baris Berbaris (PBB), kesamaptaan dan terakhir seleksi kepribadian,” jelas Ketua Panitia Penyelenggara, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bengkulu Jaduliwan.

Lanjutnya, sedangkan untuk tahap terakhir yaitu pengumuman hasil seleksi (Pantukhir) pada tanggal 24 Mei 2024.

“Dari 95 peserta ikut seleksi ini nantinya akan diambil 54 orang yang nantinya akan dipilih kembali untuk diikutkan dalam paskibraka nasional,” demikian sebut Jaduliwan. [Saipul & Deni]