Logo
Dempo Xler

Pentingnya Transformasi Pendidikan Untuk SDM yang Unggul di Era Perkembangan Teknologi

Ilustrasi. BN

Ilustrasi. BN

Penulis

Fadilah Rizkia

Mahasiswi UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi

Saat ini dunia semakin maju, seluruh aspek yang sulit dapat teratasi dengan  mudah, yang tak terduga ada menjadi ada, sesuatu yang membutuhkan waktu lama kini dapat di lakukan dengan cepat.  Teknologi memang memberikan kita kenyamanan dan kemudahan, meski demikian hal tersebut  tidak akan lepas dari dampak negatif. Banyak problem yang telah terjadi dari perkembangan teknologi dan sains, salah satunya adalah manusia lebih bergantung dengan teknologi, serta akibat kemudahan, kecanggihan dan kecepatan dalam penyebaran informasi membuat banyaknya informasi palsu, penipuan dan lain lain

Terciptanya kemudahan yang  kita dapat saat ini bukan semata mata dari ketidaksengajaan, semua tercipta dari manusia yang memiliki kemampuan dan pemahaman  ke depan. Perkembangan sains dan teknologi mampu merubah pola pikir bahkan gaya hidup seseorang. Mengutip dari CNBC Indonesia bahwa Elon Musk (pendiri Tesla dan SpaceX) mengaku  takut dengan salah  satu perkembangan teknologi saat ini yaitu kecerdasan buatan atau  Artificial Intelligence (AI), yang dimana teknologi tersebut hasil dari kemajuan teknologi dan sains.

Kemudahan  dan kecanggihan tersebut menjadi  gangguan bagi manusia. Gangguan yang dimaksud adalah banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan, akibat ilmu pengetahuan yang diperoleh telah kehilangan relevansinya.

Mengutip dari CNN Indonesia bahwasanya tingkat pengangguran memang menurun beberapa tahun setelah covid, namun jumlah pengangguran tersebut relatif tinggi jika dibandingkan dengan sebelum covid yaitu tahun 2019.  Dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi dan sains ini berawal dari pandemi. Saat ini telah banyak lapangangan pekerjaan manusia yang telah diganti oleh mesin dan  juga komputer, Kini telah ada kereta tanpa masinis yang beroperasi di Jabodebek, presenter media yang telah menggunakan teknologi AI, bahkan di China telah ada pabrik tanpa manusia.

Meski demikian kita tidak dapat menghindari hal tersebut, karena negara atau manusia  yang tidak dapat mengikuti perkembangan tersebut akan mengalami keterbelakangan, menimbulkan ketidak setaraan sosial, tantangan global yang tidak dapat teratasi dan masih banyak lagi. Memang Banyak dampak buruk yang harus dihadapi, namun kita juga tidak dapat menutup mata tentang segala dampak positif yang telah tercipta dari perkembangan teknologi dan sains itu sendiri, untuk menghindari gangguan tersebut kita harus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pada diri kita. Agar terwujud sumber daya manusia yang unggul, maka manusia membutuhkan pendidikan yang akan menuntun kita dalam menghadapi perkembangan maupun tuntutan zaman.

Dalam dunia pendidikan terdapat suatu proses perubahan yang dinamakan Transformasi pendidikan. Transformasi pendidikan merupakan proses pengembangan, pembaharuan dan penyesuaian paradigma pendidikan terhadap tuntutan zaman. Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya tuntutan zaman saat ini adalah pengetahuan sains dan juga teknologi. Transformasi pendidikan di Indonesia  biasanya diawali  dengan kurikulum yang digunakan, tak heran jika kurikulum pendidikan sering berubah ubah. Hal tersebut dilakukan untuk mengejar atau menyeimbangkan perkembangan  zaman.

Pendidikan menjadi pilar utama untuk membawa manusia ke persaingan global, dengan transformasi pendidikan manusia akan dipaksa untuk meningkatkan kualitas sumber dayanya baik dalam berpikir maupun berekspresi. Pendidikan bertujuan untuk mencerdakan manusia, pengembangan potensi, bakat, serta  kemampuan manusia sehingga tampak dalam kemampuan fisik, pancaindera, akal, sikap, dan hati nuraninya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau merupakan bimbingan ke arah tuntutan zaman saat ini.

Nelson Mandela dalam buku “Long Walk To Freedom” memberikan pengetahuan terhadap pentingnya pendidikan dalam pemahaman dan perubahan masyarakat, bahwasanya pendidikan merupakan sarana untuk memberikan kekuatan dan pengetahuan. Dalam mengatasi kemajuan teknologi dan sains ini kita membutuhkan pendidikan yang juga mendukung kita ke depan, baik dari sisi pembelajaran maupun pengajaran.

Transformasi pendidikan merupakan tindakan yang penting dalam persiapan bagi pelajar kedepannya untuk berkontribusi dalam masyarakat global yang terus berubah dengan cepat. Memfokuskan  pada keterampilan dan kreativitas yang akan memicu pemikiran yang kritis dan mampu menyelesaikan masalah tuntutan zaman khususnya di era perkembangan sains dan teknologi., sehingga Pengetahuan yang telah kita peroleh mampu di beri posisi di persaingan saat ini.